Tips SNMPTN- Strategi Jitu Memaksimalkan Peluang Lolos SNMPTN

Tips SNMPTN- Jalur Ajaib, itulah sebutan SNMPTN dari beberapa mahasiswa, ribuan orang bersaing agar dapat lolos jalur ini, tetapi hanya sepersekian persen yang lulus, persainganya begitu ketat. Ada banyak faktor penentu kelulusan dari SNMPTN, apa sajakah itu?, apakah ada metode supaya lolos?, bagaimana strategi agar bisa lolos?.

Pada artikel ini diarypelajar.com akan berbagi tips snmptn agar kamu dapat memaksimalkan peluang lulus SNMPTN, step by step. Ingat kesempatan cuma sekali, jangan sampai menyesal. Baca dan Praktekan Tips dibawah!

Disclaimer : Tips SNMPTN di blog ini diperoleh dari literasi mendalam di beberapa sumber, serta berkaca dari pengalaman banyak teman yang lolos dan tidak lolos SNMPTN sebelumnya. Jika kamu mengikuti tips di bawah setidaknya kamu   sudah berusaha untuk memaksimalkan peluang lolos SNMPTN, Hasilnya kembali lagi pada Tuhan.

Sebelum masuk ke pembahasan tips snmptn utama, ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui dan lakukan, sifatnya sangat fundamental sekali, ini sangat berpengaruh terhadap karier kamu nantinya.

Ketahui Passion dan Minatmu

  • Sebelum mendaftar kamu harus menentukan mau jadi apa kedepanya, apa cita-cita kamu. Hal ini supaya kamu tidak salah pilih jurusan di SNMPTN.
  • Jangan asal pilih jurusan, sesuaikan jurusan dengan passion dan minatmu, diskusikan dengan orang tua, tidak lupa pula untuk membaca tentang jurusan-jurusan PTN, jangan cuma baca aja, lihat juga mata kuliah setiap jurusan dan prospek kerjanya.
  • Kalau masih bingung pilih jurusan, ane sarankan kamu untuk konsul ke BK sekolah, tanya kakak alumni, dll. Kamu juga bisa memanfaatkan beberapa aplikasi untuk mengetahui prospek jurusan seperti Aplikasi Rencanamu.
  • Di langkah awal ini kamu harus benar-benar kuat dan yakin dengan pilihan jurusan, baru bisa lanjut ke step berikutnya.

Syarat Bisa Daftar SNMPTN

Syarat Sekolah

  • Sekolahmu harus mempunyai NPSN.
  • Sekolahmu Wajib mengisi PDSS.

Syarat Siswa Pendaftar

  • Siswa kelas 12.
  • Punya NISN.
  • Nilai Raport semseter 1-5.
  • Punya prestasi unggul di bidang akademik.
  • Dan yang terpenting adalah kamu masuk kedalam:.

40% siswa terbaik untuk sekolah akreditasi A

25% siswa terbaik untuk sekolah akreditasi B

5% siswa terbaik untuk sekolah akresitasi C

Untuk melihat Informasi umum, persyaratan, dan ketentuan khusus SNMPTN kamu bisa kunjugi  link resmi SNMPTN ini.

Tips SNMPTN! Hal yang berpengaruh terhadap keberhasilan lolos SNMPTN

  • Nilai Mapel yang selalu naik setiap semester– Ga harus semua nilai mapel naik, fokus pada mapel wajib yang digunakan untuk SNMPTN, seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan mapel Peminatan kamu. Jangan lupa catat mapel tersebut ke buku khusus dan lihat pergerakan nilainya, begitu dirasa nilai turun, langsung berbenah dan serius di semseter berikutnya. Contoh nilai yang diterima SNMPTN:
contoh nilai yang diterima snmptn
contoh nilai yang diterima snmptn

Catatan: Gambar di atas belum termasuk prestasi yang diperoleh peserta.

  • Prestasi yang kamu punya– Yup, ini juga berpengaruh, kalau kamu punya banyak prestasi alhamdulillah, kalau ngga punya juga ga apa-apa, kamu masih bisa daftar dan punya peluang lulus. Prestasi yang dimaksud disini seperti Pengalaman Organisasi(OSIS dan MPS), Prestasi Akademik(Olimpiade, KSM, dll), dan Non Akademik(Penelitian, Art, dan Bahasa).

Cara memaksimalkan peluang SNMPTN

Setelah kamu sudah punya pilihan jurusan dan persyaratan SNMPTN sudah dilengkapi sekarang kita langsung praktek untuk memaksimalkan peluang SNMPTN kamu. Semangat 🙂

Eliminasi Pilihanmu

  • Cari Universitas– Saat mencari universitas kamu bisa pilih dengan cara eliminasi, maksudnya cari 10-20 universitas dengan jurusan yang kamu targetkan, beri peringkat sesuai akreditasi PTN dan juga akreditasi jurusan.

Cari Universitas yang minimal mempunyai akreditasi B karena dalam 4 tahun ke depan akan berpeluang berubah jadi A, loh kan semua universitas sama saja?, ops ga gitu, untuk kamu ketahui di beberapa tempat kerja nanti ada yang menggunakan profil universitas sebagai bahan seleksi nya. Artinya itu sangat berpengaruh ke prospek pekerjaanmu kedepanya.

  • Lihat Track Record Alumni– Eliminasi lagi berdasarkan track record alumni 5 tahun kebelakang, lihat di Universitas mana saja kakak alumnimu diterima. Kamu bisa gunakan buku history alumni sekolah. Ini sangat berpengaruh, karena jika kamu mendaftar di Universitas yang belum ada alumni, maka agak sulit untuk bisa buka jalur. Kalau mau main aman ,kamu lihat dimana kakak kelasmu diterima terbanyak. Catatan: Lihat juga apakah kakak kelas kamu ada yang bermasalah di kampusnya, kamu berpotensi backlist.
  • Setelah mengeliminasi menjadi maximal 5 universitas kamu bisa lanjut ke langkah berikutnya yaitu: Melihat Persaingan PTN.
  • Lihat Kuota Penerimaanya. buka Link ini.

Maka akan terlihat seperti gambar di bawah:

tips snmptn
Daftar Perguruan Tinggi dan Program Studi SNMPTN
strategi lolos snmptn
Daftar Perguruan Tinggi dan Program Studi SNMPTN

Penjelasan Gambar:  Di gambar tersebut kamu bisa melihat Universitas-Universitas yang terdaftar di SNMPTN, kamu juga bisa melihat pilihan jurusan sekaligus kuota penerimaanya.

  • Dari daftar universitas yang ada di list kamu, pilih mana yang kuota penerimaanya terbesar.
  • Lihat juga Persentase berdasarkan Jenis sekolah.
rasionalisasi snmptn
Sebaran Siswa yang Diterima SNMPTN

Penjelasan Gambar: Di gambar tersebut kamu bisa melihat daya tampung jurusan, kategori jurusan yang dapat memilih program tersebut, sebaran siswa yang diterima 5 tahun terakhir, dan sebaran siswa yang diterima berdasarkan jurusan serta berdasarkan Provinsi.

  • Kamu bisa membandingkan peluang kamu akan diterima dengan melihat data-data di atas sesuai pilihan jurusanmu.
  • Di SNMPTN kamu dapat memilih jurusan dengan ketentuan:

2 Prodi di satu PTN atau dua PTN

Urutan pemilihan PTN dan prodi menjadikan prioritas pilihan 

Untuk SMK pilihlah prodi yang relevan sesuai kebutuhan PTN

tips snmptn
Mengharap Pilihan ke 2 SNMPTN

Tips SNMPTN! Perhatikan ini supaya memperbesar peluang lulus SNMPTN

  • Tidak Linjur(Lintas Jurusan). “Linjur Boleh” tetapi akan lebih besar peluang lolos jika kamu ga linjur. Harus pinter-pinter buat strategi dan melihat peluang di setiap jurusan, kalau kamu IPA terus daftar SOSHUM maka akan ada beberapa aspek nilai soshum yang ga kamu punya.
  • Pilih PTN di Universitas daerah sendiri. Pemilihan berdasarkan putra daerah itu nyata adanya, begitulah setiap PTN, ga Percaya lihat ini:
Dominasi Putra Daerah di SNMPTN
Dominasi Putra Daerah di SNMPTN
  • Jangan pilih jurusan yang sama di satu Universitas dengan teman sekolahmu- Kenapa gitu? karena hal itu akan memperkecil peluang lolos, nilai raport kalian akan bersaing, nah tentunya nilai yang lebih rendah akan tereliminasi oleh sistem, beruntung kalau salah satunya ada yang lolos, kalau engga?, rugi pastinya kan.
  • Kalau Kamu MAN maka Pilih UIN. Ini akan memperbesar peluang kamu, jika kamu siswa Madrasah Aliyah/MAN maka UIN bisa menjadi salah satu refrensi terbaik buat kamu. (Catatan: Tetap lihat presentse penerimaan siswa MAN tertinggi).
  • Gimana dengan rasionalisasi SNMPTN online?, menurut ane kamu ga harus ikut rasionalisasi snmptn online, kalau memang ga butuh pertimbangan lebih, nanti kamu malah makin bingung, untuk itu kamu bisa minta rekomendasi guru bk, kakak kelas, atau pilih lembaga rasionalisasi yang memang benar-benar punya kredibilitas lebih maksudnya sudah terbukti track recordnya (biasanya berbayar), sebelum ikut rasionalisasi snmptn pastikan nilai kamu termasuk persyaratan peserta snmptn tadi:

40% siswa terbaik untuk sekolah akreditasi A

25% siswa terbaik untuk sekolah akreditasi B

5% siswa terbaik untuk sekolah akresitasi C

Tips SNMPTN Terakhir

  • Tawakkal dan Berdoa, setelah semua usaha yang maksimal telah kamu lakukan sekarang waktunya  untuk tawakkal dan berdoa supaya kamu mendapat hasil yang terbaik. Jangan berharap terlalu besar kepada SNMPTN, peluang diterima lebih kecil, intinya kamu harus sudah siap jika ga diterima.
  • Jika kamu diterima lewat jalur SNMPTN, sebisa mungkin untuk di ambil, besar resikonya buat sekolahmu kalau ga kamu ambil, karena sekolahmu bisa di backlist, kan kasihan adik kelasmu nanti. Makanya dari awal tadi ane ingatkan untuk ambil jurusan yang sesuai dengan minat dan passionmu.
snmptn 2020
Selamat ya lulus SNMPTN

Leave a Comment