Tips Belajar SBMPTN Ala Alumni Insan Cendekia Jambi

Tips Belajar SBMPTN- Untuk kamu yang lagi sibuk buat persiapan mengahapi UTBK SBMPTN, kali ini diarypelajar.com akan berbagi tips untuk kamu, beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan , mulai dari mana belajar SBMPTN?, bagaimana cara belajar SBMPTN yang baik?, bagaimana belajar SBMPTN tanpa bimbel? dll, Insyaalah akan terjawab disini.

Assalamulaikum Wr.Wb. selamat datang di diarypelajar.com, artikel ini ane tujukan buat kamu yang sedang persiapan menghadapi UTBK, tujuanya sebagai motivasi dan juga solusi,oke?, semoga artikel ini bermanfaat.

Disclaimer: Artikel ini berisi tips belajar, strategi, metode, dan kunci sukses menghadapi SBMPTN ala Alumni MAN Insan Cendekia Jambi. Pendapat dan kutipan yang tertulis di blog ini didapat langsung dari alumni yang bersangkutan, dan telah mendapat izin.

 Mari langsung kita simak Tips Belajar SBMPTN ala Alumni Insan Cendekia Jambi:

M. Akmal Khadzon Ukhro

Tips Belajar SBMPTN
  M. Akmal Khadzon Ukhro Mahasiswa UGM

Tips Belajar SBMPTN pertama datang dari kakak kita alumni angkatan 10 (Elzafor). Kak Akmal sapaanya, sekrang kak Akmal merupakan Mahasiswa Universitas Gadjah Mada, Jurusan Arsitektur, Skor yang didapat kak Akmal saat UTBK yaitu 684, 375. Mantul kan?, Mari Simak Tips Belajarnya!

  • Awalnya sempat dilema karena tahun 2019 itu tahun awal dilaksanakannya UTBK. Asumsi pribadi sih sistem berubah, bentuk soal berubah. Dan, bener, soal UTBK itu beda banget sama soal-soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya. Kalo buat latihan soal sih tetap ngerjain soal dari tahun sebelumnya. Cuman, karena posisinya kita belum tau bentuk soalnya bakalan gimana, jadinya semua materinya coba dipahami, jadi gak cuma spesifik ke bentuk soal tertentu. Sama ngasah logika juga penting buat ngadepin bentuk soal yang tak terduga. Untuk pemilihan jadwal, strateginya yang pertama pilih jadwal yang awal di setiap gelombang, soalnya kita mau curi start. Tapi ya konsekuensinya itu, kita harus udah prepare mateng-mateng.
  • Apa Kunci Suksesnya?, Kak Akmal Mengatakan :Fokus aja belajarnya sama berdoa. Minta maaf ke temen-temen, guru, orang tua juga penting, supaya langkah kita juga dimudahkan sama Tuhan“.

(ga bisa memotivasi sih sebenernya wkwk) intinya gaada kata terlambat buat perjuangin cita-cita. Asalkan persiapan kita fokus dan strategi kita matang. Aku aja sebenernya persiapan buat UTBK itu ga nyampe 2 bulan. Sebelumnya lebih fokus ke UN soalnya wkwk.

Motivasi By: Kak Akmal

Alghifari Muhammad Rayhan

Alghifari Muhammad Rayhan Mahasiswa Undip

Selanjutnya adalah tips belajar dari kakak kita yang biasa dipanggil kak Alghi, Kak Alghi ini sekarang Mahasiswa Universitas Diponegoro Jurusan Kedokteran Umum, Skor UTBK kak Alghi adalah 677, nah yuk kita cari tahu apa Tips belajarnya!.

  • Pertama yang harus kita lakuin, kita harus cari tahu dulu waktu ternyaman kita untuk belajar, maksudnya di kondisi seperti apa atau di waktu kapan kita lebih mudah untuk memahai suatu materi.
  • Jangan malu untuk bertanya, baik itu ke guru maupun teman bahkan kakak/adik kelas kita yang  lebih tahu gitu. Kita juga jangan egois dan sombong dengan kemampuan kita, kalau misalnya kita memang tidak tahu mending kita bertanya, kan ada tuh pepatah yang bilang ‘malu bertanya, sesat di jalan.
  • Merangkum atau membuat catatan suatu materi yang sudah saya pelajarin, karena saya type orang yang lebih mudah memahi jika ada bukti/tanda berupa catatan gitu. Saya juga termasuk orang pelupa, saya gabisa kalau materi/pelajaran itu Cuma di dengar. Kalau sekarang sih, tinggal cari di google aja ya, yang penting ada keinginan untuk mencari tahu sesuatu.
  • Cari lingkungan yang baik atau yang memberikan aura positif untuk belajar sehingga motivasi belajar kita stabil bahkan naik. Walaupun di saat pandemi seperti ini, kita bisa tuh menggunakan aplikasi untuk belajar bareng, membahas soal-soal UTBK/Mandiri, ataupun berdiskusi tentang PTN, nah dari situ terjadi interaksi, yakni saling belajar dan mengajar, hal ini lebih efektif juga dalam memahami suatu materi/pelajaran.
  • Disiplin waktu. Ini penting banget supaya belajar kita lebih terarah dan terjadwal. Selama ini saya juga membuat jadwal belajar baik Ketika persiapan UN maupun SBMPTN ini. Apa yang akan kita lakuin selama seminggu kedepan bahkan 1 bulan kedepan kita mau belajar apa saja, kita jadwalkan.

Ibadah, usaha, dan minta Ridho orang tua. Mungkin kita bisa berusaha terus menerus, atau sebaliknya mungkin kita hanya beribadah/meminta doa terus menerus. Padahal ibadah dan usaha saling berdampingan, keduanya harus dikerjaan dengan seimbang. Kemudian jangan lupa untuk meminta ridho orang tua, karena ridho orang tua ialah ridho Allah swt juga.

Motivasi By: Kak Alghi

Tips Belajar SBMPTN Ala Alumni MAN Insan Cendekia Jambi

Apridya Nurhafizah

Cara Belajar SBMPTN
 Apridya Nurhafizah Mahasiswi Unpad

Pengalaman selanjutnya datang dari kakak kita asal Kerinci, bagi yang belum tau kakak yang biasa disapa pijeh ini merupakan langgana juara umum di IC Jambi Loh, Kak Pijeh ini sekarang adalah Mahasiswi Universitas Padjajaran, Jurusan Pendidikan Dokter, kak Pijeh mendapat Skor Ujian UTBK yaitu 735. Wow, Gimana Strategi Belajarnya? Yuk kita Simak!

  • Pertama harus tau dulu mau jadi apa, buat dijadiin motivasi belajar & pengingat kalo nanti udah mulai males. Cita-cita besar pastinya usahanya juga harus besar.
  • Belajar dari jauh-jauh hari biar persiapannya cukup & ilmunya lengket , ga sekedar buat ujian.
  • Kalo belajar, pelajari materi bukan sekedar bahas soal, kalo belajar materi bukan cuma SBM, tapi USBN, UNBK juga bakal lebih mudah.
  • Belajar harus fokus misalnya belajar matematika selama satu minggu atau satu bulan, jangan tiap hari ganti2 mapel.

“Kerjakan porsi kita sebagai manusia buat belajar & doa semaksimal mungkin, selebihnya serahin ke Allah”

Motivasi By: Kak Pijeh (Apridya Nurhafizah)

Aditya Handoyo Putra

Tips Belajar SBMPTN
  Aditya Handoyo Putra Mahasiswa IPB

Nah, kakak yang satu ini pernah sekolah di dua kampus, tahun 2017 UGM Teknik Kimia, dan 2019 IPB Jurusan Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, Beliau adalah alumni angkatan 8 ICJ (Alliance). Untuk skor UTBK 2017 itu Sistem Rahasia, dan untuk yang IPB kak Adit dapat skor 642.

  • Sebenarnya untuk strategi belajar tidak muluk-muluk, di 2017 dikarenakan masih di man ic untuk persiapan SBM intinya adalah mengulang ngulang materi dan soal2 SBMPTN sebelumnya, selain itu juga mempelajari model soal baru yg mungkin keluar di SBMPTN. Nah buat 2019 karena udah males juga belajar UTBK, sistem baru juga, Jadi lebih ke ngulang.
  • Selain berusaha juga tak lupa untuk berdoa, lebih rajin lagi untuk ibadah dan juga jangan lupa minta restu ke orang tua.
  • Kalau dibilang sukses sbmptn juga sebetulnya engga, lulus SBMPTN itu bentuk tanggung jawab buat kita kedepannya, kita dikasi kepercayaan buat menjaganya. Perkara kedepan ya itu ditentukan lagi oleh usaha kita.

Jangan menganggap diri kita lemah, gabisa, dan hal2 negatif lain, buang jauh2. Kamu itu berharga dan bisa tumbuh bahkan jauh dari apa yg kamu bayangkan sebelumnya.

Motivasi By: Kak Adit

Annisa Fani

Tips Belajar SBMPTN Soshum
  Annisa Fani Mahasiswi Hukum UNDIP

Tips Belajar SBMPTN- Selanjutnya dari kakak kita MahasiswiUniversitas Diponegoro, kakak yang sering disapa kak ica ini belajar di jurusan Ilmu Hukum dan lolos SBMPTN dengan Skor 628. Berikut tips belajarnya:

  • Waktu itu sebenarnya persiapan UTBK kurang matang. Jadi hasilnya pun ga terlalu bagus. Untuk persiapanya setiap hari selalu ngerjain soal per mata ujian yang akan diujikan di UTBK nanti. Terus maksimalkan beberapa bagian yang mendapat skor tinggi. Tetap sediakan waktu buat istirahat dan main, karena ga bagus terus-terusan belajar malah bikin stress. Jadi bawa santai aja, yang penting bisa atur waktu dan tetep fokus dengan tujuan. Intinya konsisten sesuai rencana yang sudah dibuat dan tetap tenang.
  • Kunci Sukses: Jaga Kesehatan, Percaya diri, dan Jangan lupa doa.

“Jangan terlalu Pikirkan lulus atau ga, tapi gimana cara dapat hasil yang terbaik. Tetap semangat dan selalu usaha karena setiap usaha pasti ada hasilnya dan kalau sudah berdoa, yakin aja allah pasti bantu”

Motivasi By: Kak Ica

M. Ainul Falah AM

Tips Belajar SBMPTN Linjur
   M. Ainul Falah AM Mahasiswa UNS

Berikutnya Tips dari kakak kita M. Ainul Falah AM atau yang lebih sering disapa kak falah. Kak Falah adalah Mahasiswa Universitas Sebelas Maret, Jurusan Ilmu Komunikasi. FYI, kak Falah ini linjur lo, sebelumnya di IC beliau anak MIA dan join Olimpiade Kimia. Untuk Skor UTBK nya kak falah mendapat skor 626, skor yang bisa dibilang gede buat peserta linjur. Oke Langsung kita simak Strategi Belajarnya!

  • Karena linjur (lintas jurusan) dan baru kepikiran waktu di kelas 12, jadi harus nyusun strategi yang paling efektif. Dulu jurusan sosial yang aku pengen itu salah satunya jurusan aku sekarang, Ilmu Komunikasi. Jadi aku belajar materi dari ilmu sosial yang bakalan “related” sama Ilmu Komunikasi kayak sosiologi, sejarah, dan geografi. Tagetku di UTBK 2019 itu fokus ke materi TPS yang ada, dan harus dapetin nilai TPS setinggi mungkin, makanya aku lebih fokus belajar TPS dibanding TPA. Bukan berarti aku gak belajar TPA sama sekali dan sekedar ‘pasrah’, tapi belajar TPA ala kadarnya saja dan bakal nyambung sama jurusan kuliah nanti. Karena waktu itu mau mengejar materi TPA yang banyak gak bakalan bisa terkendala ujian lain kayak UN, UAMBN,dsb.
  • Ini dia Kunci sukses dari kak Falah : Disiplin dan konsisten aja sih kalo aku. Kalo memang lagi gak mood belajar, ditinggal dulu belajarnya, tapi bisa diganti dengan kegiatan positif. Dan kalo bisa tiap beberapa minggu sekali, jangan lupa buat “rewarding yourself” sebagai bentuk apresiasi ke diri sendiri. Bentuknya bisa macem-macem dan bebas kayak pergi nonton film, jalan-jalan, dsb. Dan jangan lupa berdoa sama Tuhan.

Hidupmu itu pilihanmu. Kalo kamu mau sukses, mulailah berbenah dari sekarang. Kalo gak mau sukses sekarang, lanjutin aja mimpinya, tapi jangan lupa bangun!

Motivasi By: Kak Falah

Verzy Firdiansyah

Tips Belajar SBMPTN Otodidak
   Verzy Firdiansyah Mahasiswa Universitas Negeri Riau

Tips Belajar SBMPTN yang terakhir datang dari kakak alumni kita yaitu Kak Verzy. Kak Verzy  sekarang adalah Mahasiswa Universitas Riau, Jurusan Kedokteran. Kak Verzy lulus UTBK dengan Skor 654,5. Mau tau Tipsnya?, Yuk kita simak bersama!

  • Berdo’a supaya kita bisa selalu semangat dalam belajar, gak males-malesan, pokoknya berdo’a agar diri sendiri bisa istiqomah dalam melakukan susatu hal untuk bisa mencapai target yang diinginkan.
  • Buat target. Jadi kalo misalnya nih kita hari ini mau belajar matematika, kita buat target mau berapa soal yang kita kerjain, mau berapa rumus yang kita pahamin. Atau juga kalo kita mau belajar biologi atau pelajaran lainnya mau berapa halaman yang mau kita pahamin.
  • Regulasi waktu. Sebenarnya ini juga menjadi kendali bagi diri aku sendiri sih. Biasanya untuk menginginkan suatu hasil yang diinginkan, kita harus bisa memanage waktu, kita harus bisa berperang dengan waktu, kita harus mengontrol diri kita supaya waktu yang sudah kita manage berjalan dengan baik, setidaknya setiap ada kesempatan, ambil itu, walaupun kita kepepet belajar cuman beberapa menit.

Intinya selalu positif thinking aja, dengan itu kita bisa nikmatin prosesnya. 🙂 Bisa dibilang ada banyak cara untuk sukses, tapi satu hal yang menjadi kunci suksesnya, pertolongan Allah.

Motivasi By: Kak Verzy

Itu dia tadi Kumpulan Tips dan Motivasi Belajar untuk SBMPTN dari sebagian Alumni Cendekia, untuk strategi belajar, tak lepas atas kenyamanan belajar pribadi kamu, Karena semuanya juga bakal balik lagi ke diri sendiri. Mungkin strategi belajar diatas juga ga berlaku untuk semuanya, namun bisa dicoba untuk teman-teman.

Jika kamu suka artikel ini jangan lupa share ke sosial mediamu dan jangan lupa berikan komentar positif dibawah ya! 🙂 Trimakasih sudah membaca sampai bawah.

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”. ( QS. Al Baqarah : 216 )

“sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan” [Qs.94:5]

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga: 6+ Hal yang bikin kangen dari MAN Insan Cendekia Jambi (Alumni Wajib Baca)

Penulis

Leave a Comment