Pengalaman Seru Belajar di Kampung Inggris Lembah Harau Padang (Review HARVEST)

Pengalaman Belajar di Kampung Inggris Lembah Harau Padang- Assalamualaikum Wr.Wb. Selamat Datang teman-teman di diarypelajar.com , kali ini ane bakal share pengalaman belajar/kursus bahasa inggris di Harau Valley English School atau yang lebih dikenal dengan Harvest. Ane bakal mulai cerita dari awal sampai akhir komplit. Jadi artikel ini bisa kamu jadikan refrensi sebelum memilih tempat kursus lain ya.

Mulai dari sini.

Pengalaman di Harau Valley English School
HARAU ENGLISH
  • Selepas Ujian semester pertama dikelas 12 , ane dan teman-teman dari satu sekolah (MAN IC Jambi) merencanakan kegiatan untuk mengisi waktu libur 2 minggu di akhir bulan desember 2019. Banyak Rencana yang telah kami siapkan untuk dipilih, mulai dari perjalanan wisata, kursus bimbel UTBK, Belajar intensif dirumah, Kursus bahasa inggris di kampung Inggris, dll.
  • Singkat cerita kami pilih belajar di Kampung Inggris, karena alasan kemampuan bahasa inggris kurang untuk persiapan UN , UTBK, dan keperluan wawancara beasiswa.
  • Alasan lainnya adalah kami berpikir bahwa bahasa inggris merupakan bahasa standar yang harus kami kuasai untuk bisa survive di era sekarang.

Kok bisa pilih Harau Valley English School?

Pengalaman di Harau Valley English School
KOK BISA PILIH HARVEST?
  • Jujur waktu itu kami belum kepikiran buat daftar di HARVEST, kenapa? karna kami belum tahu informasi, yang pertama kami rencanakan adalah daftar kursus di PARE, kenapa ga jadi ke PARE?, karna kendala biaya. Kami berusaha mengumpulkan beberapa orang untuk join kampung inggris pare, tapi mereka menolak dengan alasan yang sama. Buat biaya kursusnya oke, tapi biaya transport PP-nya itu yang membuat kami berpikir mencari akternatif lain.
  • Singkat cerita , ada salah satu teman ane yang melihat akun Instagram kampung inggris Padang tepatnya di Harau, yaitu HARVEST, setelah itu kami langsung survey di google buat cari reviewnya, ternyata reviewnya positif hampir bintang 5 di ulasan google, kami melihat foto dan video kegiatan belajarnya di Instagram, dan kami tertarik. Kami kemudian cek harga untuk pendaftaran kursus 2 minggu, alhamdulillah harganya bersahabat, beruntung sekali bisa dapat bimbel yang berkualitas dengan harga bersahabat, dan tambah lagi tempatnya dilembah harau, banyak destinasi wisata disana, jadi sekalian deh liburan di padang hehe.
  • ga pikir panjang, kami langsung putuskan buat daftar ke Harau Valley English School, Kami ber 6, yaitu ane dan 5 temen yang lainnya.

Sampai di Harau Valley English School

Pengalaman di Harau Valley English School
MASIH BOTAK
  • Pertama kali sampai di HARVEST kami langsung chek in dan mengisi beberapa berkas didampingi oleh admin, lalu kami bersiap untuk pembagian ruang kamar, ane berombongan (6 orang) dibagi di 2 kamar yang berbeda, jadi kalian ga bakalan sekamar kalau datang berombongan ya, tujuanya supaya kamu bisa lebih akrab dengan temen lainya.
  • Setelah itu kami langsung berkemas untuk merapikan barang bawaan. Disana kami dibagikan perlengkapan kamar seperti kasur, selimut, dan kunci lemari. Untuk Fasilitas kamarnya kalian ga usah khawatir, alhamdulillah nyaman sesuai dengan budget yang kalian keluarkan, jika malam hari panas, dikamar ada kipas angin, kalau internet? aman! disana ada Wifi, Kamar mandi?, nah untuk kamar mandi ini cukup terbatas(Pria), kalian harus pandai atur waktu nya, karena kalau pagi sering antri buat mandi. Terus gimana View pemandangan disana?, Nah untuk View tempatnya ga usah di tanyain lagi deh, kamu bisa lihat gambar ini:
Pengalaman di Harau Valley English School
Foto Bareng HARVEST (View Belakang Harvest)

Nyaman dan keren banget bukan? untuk kami yang dari jambi ini merupakan tempat yang sangat bagus dan nyaman buat belajar dengan segala plus minusnya, jujur aja pagi pertama untuk mandi, ane menghabiskan beberapa menit untuk melakukan siraman pertama ke badan, karena disana dingin banget, hehehe.

Makan dan Cuci Baju

  • Soal makan, waktu itu kami sepakat buat daftar makan di kantin HARVEST, jadi disana tuh ada kantin kusus buat makan kita, kamu bisa pilih mau makan disana boleh, diluar juga ga masalah, kalau kamu pilih makan disana waktu itu untuk 2 minggu makan kami bayar Rp.250.000, makan 3 kali sehari, dari hari senin-jum’at. Rasa masakanya gimana?, ga usah ditanya, makanan Padang memang TOP emmm 100.
  • Untuk cuci baju kemarin ane Laundry, biar lebih praktis, ga mahal kok insyaallah, 1 kg nya ga sampai Rp8000, saran ane kalian lebih baik loundry supaya bisa fokus belajarnya.

Berikut fasilitas kampung inggris Harau Valley English School:

  • Asrama dengan shared-room. Jadi kamu per-kamar bakal rame-rame, tapi tetap dapat bantal dan kasur sendiri. Oya sama lemari juga!
  • Toilet dan kamar mandi.
  • Perlatan cuci manual beserta area jemuran dan setrikaan. Kalau malas nyuci ya tadi, laundry, kiloan kok.
  • Home theater, untuk edutainment purpose sih.
  • Perpustakaan Mini, koleksi bukunya belum seberapa, tapi ada beberapa buku berbahasa inggris yang bisa di baca!
  • Smoking area, so jangan merokok sembarangan ya!
  • Mini Cafetaria, kalau lapar, pengen ngopi, teh , susu dan snacking bisa banget!
  • WIFI, ga bisa hidup tanpa data kan?
  • Chilling area dan ruang serba guna, areanya cukup luas buat santai dan belajar sih ini sebenarnya.
  • Board games, buat seru-seruan bareng
  • Praying corner, ruang yang bisa digunakan untuk beribadah bagi yang muslim ok.
  • Kolam Kecil, cantik, buat yang suka liat-liat ikan, asyikkk.
  • Emergency Box atau P3K, jadi kalau kenapa-napa aman gaes. Puskesmas juga tidak jauh dari sini.

Sumber: Website HARVEST

Kegiatan Belajar Harau Valley English School

Karena waktu itu ikut kelas lengkap yang 2 minggu, kami dapat jadwal belajar yang cukup padat, but ngga terasa lama karena tutornya berpengalaman, seru banget, ane bakal cerita kegiatan secara umumnya:

 

Belajar di Harau Valley English School

Belajar di Harau Valley English School

Belajar di Harau Valley English School
Belajar di Harau Valley English School
  • Sistem belajar di HARVEST mengadopsi sistem dari Kampung Inggris Pare, Tidak hanya memperdalam pemahaman struktur bahasa (grammar), di HARVEST kemampuan berbicara (speaking), mendengar (listening), membaca (reading) dan menulis (writing) juga menjadi fokus utama. Di saat yang sama, serapan kosa kata (vocabulary)yang akan kamu miliki juga akan semakin bertambah lo!
  • Kegiatan Memorize: Kamu akan dapat hafalan berupa Frasa, Percakapan, Narasi, dll. Memorize dilaksanakan di pagi hari setelah sarapan, ga setiap hari kok, ane lupa kapan aja harinya hehehe. Nah, di Memorize ini kamu akan dilatih buat berbicara, mengingat, sekaligus mendengarkan, bahasa inggris, koplit dah tu.
  • Games: Setiap sore akan ada games, banyak sekali games seru yang dimainkan setiap harinya, dan tentunya gamesnya berkaitan dengan bahasa Inggris ya, kalau waktu itu ane bermain beberapa games, ada gemes nyusun kata, menebak kata, kekopakan kelompok, nonton film dll. Btw, kegiatan games inilah yang membuat kamu asyik belajar bahasa dan ga ngerasa boring setiap harinya.
  • Snack: Sebelum istirahat malem, kamu bakal dapat snack, wah enak banget dong?, wkwkwkwkwk, bukan snack makanan tapi ya, yang dimaksud snack adalah soal-soal latihan, jadi kamu akan diberi soal-soal latihan berupa soal grammar(biasanya) dan ada nilai minimun benar setiap latihanya, Jika kamu belum sampai target, kamu harus terus ulang sampai bisa ya, semangat.

Di jam snack ane biasanya ngerjain soal bareng temen-temen lainya, saling diskusi untuk cari jawaban, waktu itu kami alhamdulillah selalu sampai target, wkwkwk, soalnya ada temenku yang jago banget grammarnya, namanya Z______F. Kenapa harus ada snack? ya karna untuk ngulas ulang materi pelajaran kamu, supaya inget terus sampai diluar kepala. hehehe.

Pengalaman di Harau Valley English School
OXFORD TEAM
  • Grup/Tim: Belajar di Harau Valley English School dibagi jadi beberapa tim, menariknya nama tim yang digunakan adalah nama kampus top dunia dari UK dan USA, ada OXFORD(ini tim ane), Cambridge, Colombia, dan HARVARD, seru banget kan. Jadi buat motivasi disana nanti, ada pertandingan ngumpulin banyak bintang, nah tim yang dapet bintang paling banyak akan jadi best tim of the week, hehehe, kalau kemarin tim ane no 2, kalah tipis dari HARVARD. ( -_- Kalah bintang waktu ngumpulin sampah di rumah Hobbit)

Hal yang Menarik dari Harau Valley English School

  • Panggilan UDA-UNI: Pas pertama kali datang, ane kagetnya bukan main, karena sampai disana langsung dipanggil “UDA”, memang sudah jadi kebiasaan disana, jika kamu perempuan kamu dipanggil “UNI”, kalau laki-laki “UDA”, beda dengan di jambi, biasanya dipanggil abang/kak, agak kurang pede aja gitu kalau dipanggil “UDA”. Sempat beberapa kali ga respon kalau dipanggil orang, “Uda..Uda..!Uda!, Halo! Uda AJi!” , “O iya ane, hehehe”, gitu deh sering lola(loading lama).
  • Tutor Friendly : Jujur tutor di HARVEST itu baik banget, kalau ngajarin pelan-pelan dan selalu sabar kalau jawab pertanyaan, metode belajar setiap tutor beda-beda, tergantung materi, pembawaanya juga asyik. Pernah sekali ane ditemenin ngobrol berdua bareng tutor bahas bahasa inggris sampai malam, wow, respect mau temenin ngobrol sampai malam. πŸ™‚
  • Aktivitas Weekend: Untuk Sabtu dan Minggu, kamu bisa maksimalkan waktu mu untuk β€œme time”. Entah itu mengulang-ulang pelajaran secara mandiri atau bareng-bareng, membaca buku-buku yang ada di perpus, liburan di Lembah Harau atau tempat wisata terdekat, mengikuti kegiatan sosial, atau hanya ingin sekedar bermalas-malasan rebahan haha. Your call!

Keunggulan Harau Valley English School

  • Lingkungan yang sangat kondusif untuk latihan dan belajar Bahasa Inggris;
  • Fasilitas komplit untuk tinggal selama berminggu-minggu;
  • Kualitas yang tidak perlu diragukan dengan pengajar lulusan kampus terbaik di Belanda; Ntaps!
  • Pengalaman hidup yang tidak ternilai *ele-ele, πŸ™‚ bro
  • Pastinya dengan harga terjangkau!

Cara Daftar

Untuk Mendaftar Kelas Bahasa Inggris di Harau Valley English School kamu bisa klik link Pendaftaran disini daftar harau valley english school untuk kelas online klik daftar kelas online.

Penutup

Sekian Cerita Pengalaman ane selama belajar di Harau Valley English School, banyak hal yang telah ane dapat selama belajar disana, Tentunya ane mau ngucapin trimakasih buat semua pengalaman belajar yang telah diberikan oleh semua tutor disana, jika artikel ini bermanfaat buatmu kamu bisa berikan komentar positif dibawah, dan jangan lupa juga untuk share artikel ini untuk menjadi refrensi memilih tempat kursus berkualitas terutama di pulau sumatra.

Tambahan Galeri Liburan Padang

learning together supporting each other!

Pengalaman di Harau Valley English School, Trimakasih sudah membaca sampai bawah ya πŸ™‚

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Sumber: Pengalaman, Google, IG: @harauenglish

2 thoughts on “Pengalaman Seru Belajar di Kampung Inggris Lembah Harau Padang (Review HARVEST)”

Leave a Comment