Sebarkan Karyamu di Dunia Literasi Digital dengan Menjadi Seorang Narablog

Ulasan mendalam mengenai potensi dunia blogging di era digital.

Berkarya Menjadi Narablog (1)
Header Lomba

Menarik!, guru saya berkomentar sambil memegang tulisan yang berisi cerita liburan sekolah yang saya kumpulkan, teman-teman bersorak ketika saya selesai menceritakannya di depan kelas, peristiwa yang luar biasa, itu adalah peristiwa yang membuat saya tertarik dan mendalami dunia kepenulisan hingga saat ini.

Dulu menulis masih menggunakan kertas dan pena, sekarang tren itu berkembang hingga menulis bisa dilakukan dengan mudah dimana saja, kapan saja. Saat itu saya menulis di sebuah buku, menulis tentang apapun seperti, catatan harian atau diary, kata-kata motivasi, cerpen, dll.

Baru ketika ada teman saya yang memperkenalkan blog, saya semakin tertarik untuk menulis.Yaa, jika diingat-ingat kembali, pada waktu itu saya masih duduk di bangku MTS/SMP, pertama kali belajar tentang blog, saat itu karna belum punya laptop sendiri, saya menulis menggunakan smartphone jadul. Tulisan yang ringkas dengan gambar-gambar besar didalam artikel, ah saya sering tertawa sendiri jika membaca ulang tulisan saya, bahkan untuk satu artikel itu lebih di dominasi gambar daripada tulisan. hehe

Apa itu Blog

Singkat cerita saya memulai sebuah blog gratisan, menulis dan menulis, terkadang saya harus menghemat uang jajan agar bisa digunakan ke warnet, hingga sampai suatu ketika saya harus masuk ke MAN (Madrasah Aliyah Negeri) dan waktu itu saya berasrama (boarding school) tentunya hal tersebut membuat saya memiliki sedikit waktu untuk mengembangkan blog.

Tidak berhenti dengan blog, saya memutar otak agar saya bisa menyalurkan hobi menulis, untungnya di SMA banyak guru dan teman yang mendukung tekad saya, hal itu membuat saya semakin rajin menulis, mengikuti banyak lomba sastra seperti menulis essai, lomba mengarang, cerpen, karya tulis ilmiah, dll.

Alhamdulillah, meski harus jatuh bangun kalah di banyak lomba, saya bersyukur bisa memenangkan beberapa lomba saat itu.

Di awal tahun 2020, saya berhasil menyelesaikan jenjang SMA, saya memiliki banyak sekali ide untuk dibagikan waktu itu, mulai dari tips-tips belajar, bagaimana mengembangkan minat membaca, manajemen keuangan yang baik di masa muda, pengembangan karier, dll.

Waktu itu saya merenung dan berpikir, media apa yang paling tepat yang bisa saya gunakan , dan akhirnya saya memutuskan untuk membangun sebuah blog professional dan menjadi narablog.

Ada beberapa pertimbangan mengapa menulis di blog menjadi pilihan saya, pertimbangan utamanya adalah saya ingin ide yang saya bagikan dapat dibaca oleh semua orang secara gratis dimana saja dan kapan saja. Blog sebagai media bersuara merupakan bagian dari teknologi masa kini yang paling tepat digunakan untuk semua kalangan. 

Perjalanan Menulis

Mulai dari sini, Kenapa kamu harus mulai membuat Blog? Apa manfaatnya?

1. Blog adalah media tepat untuk bersuara di era digital

Perkembangan teknologi membuat semua hal serba digital, mau pesan makan ada aplikasi ini, mau berangkat kerja ada aplikasi itu, mau mengirim barang, mau beli tiket liburan, mau belanja, dan kegiatan-kegiatan lainya sekarang serba digital. Ditambah dengan kondisi pandemi, membuat penetrasi penggunaan internet Indonesia juga meningkat.

Jumlah Pengguna Internet Indonesia Terbaru

Semua sendi kehidupan terdampak, tidak terkecuali literasi, sekarang ada digital literasi. Di era serba digital seperti sekarang, penulis blog atau narablog, memegang peranan penting dalam penyebaran informasi, informasi tersebar luas ke seluruh dunia tanpa batasan. Seorang narablog bisa disejajarkan dengan jurnalis media besar, terdapat konsep jurnalisme warga atau citizen journalism, setiap orang dapat memberitakan sebuah kejadian dengan sangat cepat karena internet membuat kita tanpa sekat, membuat dunia seolah hanya dalam genggaman.

“Internet dan penggunanya berkembang pesat setiap tahunya. Dengan berkarya melalui blog, mari kita ambil bagian dalam menyemarakan dunia literasi digital”

Dengan menjadi seorang narablog saya memiliki pembaca dan setiap tulisan yang saya posting memberi impact kepada pembaca, itu adalah sebuah kebanggaan bagi saya, semua orang bisa menulis, tetapi hanya sedikit orang yang berani menyebarkanya. Saya bangga bisa ikut berkontribusi dalam penyebaran informasi di dunia maya.

Blogging akan memperluas wawasan

Menjadi seorang narablog dapat meningkatkan kemampuan dalam literasi digital sekaligus memperluas wawasan, itu yang saya dapatkan, sebelum menulis sebuah artikel, saya harus mencari dan membaca banyak sumber refrensi, menelaah lalu menuliskanya.

Coba bayangkan, apakah ada orang yang berani menulis sesuatu sebelum membaca refrensi lain dulu?

Dengan blog, seorang narablog dapat menulis banyak hal yang bersifat informatif, menambah pengetahuan penulis serta pembaca, terdapat beberapa jenis tulisan mulai dari tutorial, tips, cerita perjalanan (travelling), cerpen, berita, dan masih banyak lagi.

Dengan menulis blog, saya menemukan ide/gagasan baru

Blogging pada dasarnya adalah berbagi wawasan dan pengetahuan, sederhananya kita membagikan ilmu, mencerdaskan pembaca dan diri sendiri. Aktivitas blogging bisa membuat kita menemukan ide atau gagasan yang tidak kita tahu sebelumnya. Sebagai contoh, kamu membaca sebuah artikel tentang bagaimana cara mengatasi rasa malas, ketika kamu selesai membacanya kamu akan mendapat gagasan atau mungkin sebuah metode baru  untuk menghilangkan rasa malasmu. Contoh lagi, ketika seorang blogger akan meramu sebuah artikel dia dipaksa untuk memberikan ide yang fresh untuk pembaca hal tersebut dapat melatih seorang blogger agar bisa menciptakan ide yang menarik dan bermanfaat untuk pembaca.

Blogging melatih kreativitas​

Ketika telah menemukan ide, Narablog harus bisa membangun ide tersebut se-kreatif mungkin dalam sebuah tulisan, mulai dari gaya bahasa, pemilihan kata, penggunaan gambar, infografis dll, tidak hanya dalam tulisan saja, soal tampilan blog juga perlu diperhatikan, disini jiwa kreatif seorang blogger bisa diasah dan dituangkan dalam sebuah tampilan blog yang menarik dan mudah dipahami pembaca (user friendly).

Blogging Melatih Kreativitas

2. Berlatih menjadi penulis hebat

Selanjutnya blog bisa menjadi wadah perkembangan diri untuk menjadi penulis hebat. Menjadi ahli dalam menulis dan memberikan manfaat luas adalah goals akhirnya, memang waktu pertama memiliki blog, tulisan kita terkesan biasa dan kurang enak dibaca, termasuk juga saya yang sedang berkembang ini, namun seiring waktu saya yakin dengan membaca banyak artikel dari blog-blog populer dan terus berkarya akan membuat saya lebih pintar dan ahli dalam menulis konten.

Memiliki blog juga membuat saya lebih disiplin, konsisten, dan sabar. Saya secara bertahap berkembang dan belajar membuat tulisan yang segar, apabila tidak disiplin membagi waktu, maka blog akan kalah di mesin pencarian. Begitu juga dalam hal kosistensi, untuk menjadi penulis sukses sifat konsisten sangat diperlukan, selalu belajar menjadi lebih baik dan memberikan konten yang bermanfaat bagi pembaca.

3. Mendapat penghasilan tambahan

Banyak pertanyaan yang masuk saat pertama saya memulai blog, terutama dari orang-orang terdekat, apakah bisa mendapat uang dengan menulis di blog? Jika bisa, lalu bagaimana caranya?
Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapat cuan lewat blog, diantaranya yaitu:

Mendapat Penghasilan Lewat Blog

1. Ads / Iklan

Ads

Cara yang paling populer untuk mendapatkan penghasilan dari blog adalah dengan menampilkan iklan. Jika kamu telah mempunyai blog, kamu bisa mendaftar salah satu layanan penyedia iklan, biasanya Adsense, Adword, atau Mgid.

Untuk bisa diterima kamu perlu memenuhi persyaratan dari platform tersebut, apakah blog kamu sudah layak menampilkan iklan atau belum, jika layak kamu tinggal menambahkan script iklan ke blog.

Untuk hasilnya tergantung penayangan dari jenis iklan yang tampil di blog. Jika sistemnya CPC (Cost Per Click), maka uang akan didapatkan ketika iklan di klik pengunjung.

 

2. Afiliasi

afiliasi

Apa itu afiliasi?, sederhananya adalah kamu akan menerima komisi dari setiap penjualan produk dari pihak lain, setelah mendaftar program afiliasi kamu akan mendapatkan kode khusus, dan kode tersebut bisa kamu pasang di banner iklan lalu tampilkan iklan tersebut di blog yang kamu miliki.

Jika pengunjung blog kamu melakukan pembelian atau transaksi, maka kamu akan mendapat komisi sesuai yang ditentukan dari program afiliasi yang diikuti. Ada yang 10%, 20%, bahkan 70%.

 

3. Endorse

Endorse

Endorse, kamu diminta untuk mereview sebuah produk, apabila blog yang kamu bangun sukses, kamu akan dihubungi orang yang membutuhkan jasa review produk untuk mengulas produk mereka. Cukup dengan membuat sebuah artikel, kamu bisa mendapatkan uang dari kerjasama tersebut.

Bukan tidak mungkin semakin banyak pengunjung blogmu maka semakin besar uang yang bisa kamu dapatkan dari kerjasama tersebut.

 

4. Content Placement

content placement

Content placement adalah aktivitas seseorang menerbitkan konten pada website di luar web yang dia miliki, atau sederhananya penempatan konten oleh pihak lain di website kita, istilah ini tidak asing ditemukan jika kalian berkecimpung di dunia digital marketing.

Tujuan dari content placement adalah untuk menaikan traffic, miningkatkan reputasi brand, hingga memperluas pasar. Kamu akan mendapatkan nominal uang sesuai dengan kesepakatan kerjasama, jika blog kamu punya reputasi dan traffic yang bagus, nominal yang kamu terima juga akan semakin tinggi tentunya.

 

5. Mingikuti Lomba Blog

Lomba Blog

Jika kamu punya semangat dan jiwa berkompetisi yang tinggi, mengikuti lomba blog adalah salah satu jalan yang patut dicoba, kamu akan belajar banyak dari setiap perlombaan yang kamu ikuti, menang kalah soal biasa, kalau menang tetap rendah hati, jika kalah jangan mudah putus asa, dan coba lagi.

Tentunya jika menang kamu akan dapat hadiah, hadiahnya bisa berupa uang atau barang. Informasi terkait lomba blog sangat banyak di internet, kamu bisa mencarinya lewat Instagram ataupun google.

Untuk saya sendiri pendapatan dari blog belum begitu besar, tetapi jika dihitung alhamdulillah jumlahnya cukup untuk menutup biaya sewa hosting untuk blog ini. Saya mendapat penghasilan lewat beberapa jasa, seperti content placement, menang lomba blog, dan endorse produk. 

Ayo Milenial, Pelajar, dan Mahasiswa Ikut Menyemarakkan Era digital dengan mengelola Blog

Untuk memulai sebuah blog tentunya kamu perlu persiapan, tidak ada jalan instan menuju kesuksesan, kamu harus berproses dan semua itu diawali dengan persiapan yang baik bukan?

Berikut tips yang bisa kamu lakukan sebelum  membangun sebuah blog:

1. Tentukan Tujuan Menulis

Mengetahui tujuan membuat blog sangatlah penting, hal ini supaya kamu tahu kemana arah pengembangan blog kedepanya.

Tuliskanlah tujuanmu, misal kamu membangun blog untuk melatih dan mengembangkan kemampuan menulis, ingin menberikan pengetahuan kepada khalayak umum, atau untuk mendapat tambahan penghasilan.

Apapun tujuanya tulislah dengan jelas. Kamu bisa menjadikan tujuanmu itu sebagai remainder/pengingat jika kamu sedang merasa lelah atau ingin menyerah dalam menulis. Jangan lupakan tujuan-mu itu ya Sob!.

2. Pilih Topik Blog/Niche

Ada 2 pertimbangan dalam memilih topik/niche blog, pertama adalah berdasarkan minat dan kemampuan yang kedua berdasarkan besar potensi peminat topiknya.

Keduanya bisa kamu jadikan patokan sebelum menulis di blog, saran saya untuk blogger pemula alangkah lebih baik menulis niche blog berdasarkan minat dan kemampuan, kamu bisa kembangakan apa yang kamu minati dan kuasai, karena ngeblog butuh konsistensi, jika menulis sesuai minat paling tidak kamu tidak akan cepat bosan.

Panduan Membuat Blog

Macam-macam Niche

Blog kamu akan sulit bersaing jika kamu memaksakan memilih niche yang sulit, perlu diketahui, dunia blogging ini diisi oleh orang-orang yang memiliki antusias besar dengan topik blognya masing-masing. Jadi semangat berproses.

3. Pilih Platfrom

Setelah memilih niche blog, langkah selanjutnya adalah  memilih platform untuk blog. Sebenarnya ada banyak pilihan platform untuk blogging, tetapi saya akan berikan 2 rekomendasi paling populer yang digunakan yaitu Blogspot dan WordPress.

Untuk pemula, saya menyarankan untuk menggunakan platform blogspot, kenapa? Intinya karena fitur di blogspot lebih mudah dipahami, nanti jika kamu sudah paham seluk-beluk blogging baru kemudian pindah ke wordpress.

Blogspot sangat mudah digunakan, plus kamu tidak perlu membeli hosting, banyak sekali template keren dengan harga terjangkau, dan untuk lebih keren lagi kamu bisa custom domain sendiri.

Platfrom wordpress jika ingin custom domain harus membeli sekalian dengan hostingnya, dan untuk membeli template premium kamu perlu mengeluarkan kocek cukup dalam. Cukup ribet jika digunakan untuk pemula.

Cara Membuat Blog

Masih ragu untuk membuat blog? saya akan yakinkan kamu dengan ini:

Blog Meningkatkan Personal Branding

Yap, blog bisa digunakan untuk personal branding, keberadaan blog akan memperkuat personal branding di internet, dengan blog seseorang akan mudah dikenali, orang-orang bisa melihat karya, keahlian, dan pencapaian kamu di dunia digital.

Blog Meningkatkan Personal Branding

Personal Branding sangat penting di era digital seperti sekarang, rata-rata seorang yang memiliki karier bagus di dunia kerjanya pasti memiliki blog, ngga percaya?

Saya ngga memberi contoh jauh-jauh, kakak kelas saya yang sekarang bekerja di perusahaan besar nasional (Perusahaan yang dirintis Pak Nadiem) sebagai salah satu penulis di official websitenya,

ia bercerita saat seleksi kerja dia mencantumkan website yang ia bangun, dan itu menjadi salah satu faktor penilaian terbesar oleh HRD,

hmm bagaimana? Keren kan?, tidak hanya itu, kamu bisa cek para awardee beasiswa baik dalam maupun luar negeri hampir semuanya pasti memiliki blog. 

Blog yang berisi karya dan pencapaian disanalah kamu membangun personal branding, itu menjadi portofolio berharga dalam karier-mu

Dianggap Expert

Kemampuan menulis sangat dibutuhkan dalam dunia akademik, sebagai contoh adalah saat melamar beasiswa, saya pernah memuat artikel tentang “Panduan Beasiswa Rusia” di blog ini, setelah saya publish artikel tersebut, banyak orang yang terbantu dengan contoh essai dan motivation latter yang saya lampirkan di artikel tersebut, bahkan beberpa dari mereka ada yang meminta saya untuk mengecekan essai dan motivation latter mereka. Gimana bermanfaat sekali bukan?

Tidak berhenti sampai disitu beberpa teman saya juga banyak yang meminta bantuan untuk mengajari cara membuat blog, untuk berbagai keperluan, mulai dari tugas kuliah, lomba blog, bahkan keperluan bisnis.

Finally,

Memiliki blog di era digital seperti sekarang seolah sudah menjadi kebutuhan, beragam profesi, mulai dari pelajar, mahasiswa, peneliti, dosen, pebisnis, dll.

Ada banyak sekali keuntungan yang kamu dapat dengan mengelola blog, selain memperluas wawasan, kamu juga bisa mendapat tambahan penghasilan dengan menjadi seorang blogger. 

Tidak ada kesuksesan yang instan, semua didapat lewat proses panjang didalamnya. Mari kita berproses bersama dan berkontribusi dalam pengembangan dunia literasi dengan berkarya melalui blog.

Apa Keputusan mu? Sudah siap berkontribusi di dunia digital literasi Indonesia dengan menjadi seorang blogger?

#TeknologiMasaKini #MenulisdiBlog #UNIVERSITASNUSAPUTRA #BEMUNIVERSITASNUSAPUTRA

Sumber Gambar: Gambar dan foto merupakan olahan pribadi dengan vector gratis dari  website blush.design dan undraw.co