7+ Tips Cara Membuat Smartphone Lebih Bermanfaat

Tips Membuat Smartphone Lebih Bermanfaat- Di Era Teknologi dan Informasi seperti sekarang kita sangat sulit menjumpai orang yang tidak menggunakan smartphone, apalagi anak muda. Semartphone telah menjadi alat penting yang harus dimiliki semua orang, semartphone telah berubah fungsi yang sebelumnya sebuah barang mewah menjadi barang yang wajib dimiliki setiap orang, mulai dari pelajar, guru, pegawai pemerintah, anak-anak dll. Tak heran kenapa hal itu terjadi, karena sekarang fitur-fitur smartphone telah berkembang pesat. smartphone telah mengubah banyak pola kehidupan manusia juga lo, coba perhatikan perubahanya deh:

  • Pola Konsumsi: Belanja Online, Pesan Makan, Pembayaran Online.
  • Komunikasi: Video Call, Zoom, gMeet, Whatsapp, dll
  • Transportasi: Gojek, Grab, Maxim.
  • Pembelajaran: Ruangguru, Zenius, Quipper, dll.
  • Dan masih banyak lagi.

Banyaknya kemudahan yang disuguhkan oleh smartphone harus kamu manfaatkan secara bijak, kenapa? karena disamping banyaknya manfaat, smartphone juga punya efek samping yang sangat berbahaya jika salah dalam penggunaanya. Oleh karena itu kamu harus bisa bijak mengatur waktumu dengan smartphone dan jangan banyak terbuai olehnya.

Ada beberap Tips dari diarypelajar.com buat kamu yang ingin membuat smartphone kamu lebih bermanfaat, O iya, setelah membaca sampai selesai jangan lupa langsung diterapkan ya. Ingat Knowladge is Power, tapi Knowledge tanpa Action = nol. Yuk langsung praktekan cara berikut:

Cara Membuat Smartphone Lebih Bermanfaat

1. Download / Unduh Aplikasi yang Menunjang Aktifitasmu

Download Aplikasi Bermanfaat
                        Download Aplikasi Bermanfaat (Sumber Google)

Hanya Unduh aplikasi yang membantu kamu dalam pekerjaan, jangan biarkan smartphonemu dipenuhi dengan aplikasi-aplikasi unfaedah yang membuatmu banyak menghabiskan waktu dan Kuota. Berikut beberapa Rekomendasinya Aplikasi bermanfaat:

  • Aplikasi Belajar: Zenius Education Gratis, Duolingo Gratis, Quora, Quizizz.
  • Aplikasi Keuangan dan Investasi: Gopay, OVO, Linkaja, Internet Banking, Bibit, Bareksa, dll. Manfaatkan promo cashback dan diskon, jangan sampai terlewatkan.
  • Berita Harian Terpercaya: Kompas, Tirto, Liputan6, dll.
  • Belanja Online: Tokopedia, Shopee, Zalora.dll. Beli barang dengan memanfaatkan Promo, Cashback dan Diskon, Dapatkan produk gratis ongkir setiap pembelian. Untuk mencari barang yang terjamin ori 100%, kamu bisa beli di Zalora. Tokopedia memberikan Gratis Ongkir dengan Minimal 40.000 pembelian, Plus jika kamu bayar via OVO kamu bakal dapat Cashback besar. Shoppe memberikan banyak Voucher untuk pengguna-pengguna baru mereka. (sudah ane coba)
  • Beli Pulsa Lebih Murah Melalui Mitra Tokopedia atau pakai Link Aja, saya tidak merekomendasikan beli pulsa di konter, zaman sekarang semua serba murah, persaingan pasar semakin ketat, mereka berani pasang harga murah . Contoh: Beli pulsa telkomsel di Link Aja 15.000, Bayarnya cuma 10.000 plus dapat Cashback 3.500.
  • Jadikan Smartphone mu Sebagai Perpustakaan: Unduh aplikasi Ipusnas dan Watpad.
  • Aplikasi Penting lainya: Gojek, Grab, Catatan Keuangan, Catatan Pengingat, Al-Qur’an Apps, WPS Office, Zoom, dll.
  • Pakai Flipe jika kamu sering Transfer uang ke Bank yang berbeda, biaya admin Rp0, dengan flipe kamu bisa menghemat 6.500 untuk satu kali transaksi. Mantap bukan?

Itu beberapa rekomendasi dari ane, Kalau ada rekomendasi lain yang lebih bermanfaat coment dibawah ya 🙂

2. Follow Orang / Akun yang Memberikan Konten Positif Untukmu

Follow Akun Bermanfaat
                                     Follow Akun Bermanfaat (Sumber Google)

Jangan banyak follow akun Toxic, kamu harus kembangin diri loh, selalu baca konten positif di sosial media manapun, karena apa yang kamu baca akan berpengaruh kepada perkembangan otak dan Perilakumu kelak.

Rekomendasi Akun Sosmed yang Wajib kamu Follow:

  • Akun Pengetahuan Umum IG: @GNFI, @Seasia, @WowFakta, @kemendikbud.ri, @Kemenpora dll.
  • Tokoh Publik IG: @Sandiuno, @Jokowi, @Prabowo, @kyai_marufamin, @Erickthohir, @NajwaShihab, @Aniesbaswedan, @Chandraputranegara, dll.
  • Follow Akun Resmi Pemprov daerahmu, misal saya tinggal di jambi saya follow: @humasprotokoljambi
  • Kamu juga butuh ketawa IG: @1cak, @9gag, @dagelan, @komikpepe, @tahilalats, dll.
  • Akun Positif lainya: @iqomic, @rumahsiapkerja, @natgeo, dll.

Peringatan: Jangan asal Follow/Berteman dengan seseorang yang belum kamu kenal di Sosmed, apalagi di Facebook. Kamu harus hati-hati dengan banyaknya akun Fake, sekarang banyak penipu yang menggunakan sosial media sebagai ladang penipuan mereka. Mereka mengincar orang-orang yang masih amatiran dalam bermain sosmed. Telah banyak kasus terjadi salah satunya dilingkungan saya, mereka menipu dengan meminta transfer uang ke rekeningnya dengan berbagai modus. Hati-Hati!

Next Page–>

Penulis

11 thoughts on “7+ Tips Cara Membuat Smartphone Lebih Bermanfaat”

  1. Hahahah.. Sungguh menginspiratif following-nya XD.. Oke kayaknya boleh dicontoh untuk must-follow nya. Untuk aplikasi di smartphone sih insya Allah sudah sesuai kebutuhan semua dan alhamdulillah memang bermanfaat banget emang

    Reply
  2. Install aplikasi yang bermanfaat itu harus dong terutama kalau aku urusan rumah tangga hahaha. Ga boros kok yang penting keperluan bulanan dan keluarga nomor satu. Smartphone seringnya buat foto2 sih atau bermedia sosial 😀 Follow2 akun yang berfaedah juga oke tuh hehehe.

    Reply
  3. Betul sekali, manfaatin smartphone kita untuk hal-hal yg bermanfaat. Pemasangan aplikasi yg tidak penting sebaiknya jangan digunakan dan dlm bermedsos pun harus pintar-pintar berteman, karena kejahatan dunia Maya sekarang lebih marak

    Reply
  4. Betul sekali nih, kita satu frekuensi deh manfaatin smartphone untuk menunjang aktifitas dan meng upgrade diri…bukan sebaliknya justru di buat sibuk hal hal yang unfaedah

    Reply
  5. Setuju, jangan sampai smartphone melenakan, ngabisin waktu sia-sia, apalagi sampai lupa kewajiban beribadah.
    Eh tapi aplikasi rekomendasinya banyak bangettt.. hihi. Kalau saya toko online cukup dua aja, ojek online cukup satu, dll. Itu aja hape udah penuh soalnya foto video buanyakkk.. hehehe.
    Btw makasih sharingnya 🙂

    Reply
  6. Baru saja kemarin saya menyesuaikan kembali aplikasi-aplikasi di smartphone dengan yang butuh saja namun penting, terus fokus jadi produktivitasnya maksimal 😀 Kalau di medsos juga tentu saja mengikutinya orang2 yg inspirational

    Reply

Leave a Comment