7+ Life Skill Penting yang Wajib Dipelajari oleh Remaja

Life Skills Penting Wajib Dipelajari oleh Remaja– Menurut WHO, Keterampilan Hidup (life skill) merupakan kemampuan/kecakapan untuk beradaptasi dan memperlihatkan perilaku positif yang akhirnya memberikan kemampuan individu untuk menghadapi/survive terhadap tuntutan dan tantangan kehidupan sehari-hari secara efektif.

Secara singkat, Life Skil atau Kecakapan hidup adalah sebuah kemampuan dalam menghadapi masalah dan menemukan solusi terhadap masalah didalam kehidupan.

Life Skill Education sangat diperlukan dan penting untuk dipelajari oleh remaja. Tapi sayangnya ada beberapa life skill penting yang tidak diajarkan di sekolah.

Tujuan dari belajar life skills tersebut adalah supaya kita bisa lebih mandiri dan tangguh dalam mejalani proses pendewasaa. Untuk itu diarypelajar.com telah merangkum dengan ringkas dan jelas life skills yang wajib kamu pelajari saat remaja.

1. Belajar Life Skill Komunikasi

Belajar Berkomunikasi
                                  Belajar Berkomunikasi

Life Skills Penting Wajib Dipelajari- Banyak orang yang menghabiskan waktunya dengan belajar akademik di sekolah atau kuliah, mereka berusaha untuk mendapat nilai setinggi mungkin, Itu hal yang baik karena pintar merupakan salah satu modal untuk sukses, but modal aja nggak cukup bro, dengan pintar saja belum tentu kita bisa cepat menghasilkan.

Tidak sedikit orang dengan nilai akademik tinggi setelah lulus kuliah dan masuk dunia pekerjaan mereka mengalami kesulitan karena menghadapi dunia yang berbeda, alhasil naik gaji dan naik jabatan pun susah dilakuakan.

Ternyata, Salah satu hal yang menghalangi mereka menjadi lebih hebat adalah kurangnya kemampuan komunikasi. YA, Kemampuan dan keberanian dalam berbicara didepan orang banyak, orang-orang yang padek omong inilah yang mudah dikenal dan diperhatikan orang banyak.

Untuk itu kamu butuh melatih kemampuan kamu dalam berkomunikasi sejak dini, so Gimana Caranya?

  • Mulai Latihan Public Speaking sejak dini.
  • Rajin ikut Forum Diskusi di sekolah.
  • Aktif berorganisasi
  • Latihan Mendengar dan Menyampaikan pendapat di kelas.
  • Saya tidak menjelaskanya panjang lebar tentang cara melatih komunikasi kamu di artikel ini, silakan kamu baca artikelnya disini:

2. Belajar Mengatur Waktu

Belajar Mengatur Waktu
                                         Belajar Mengatur Waktu

Life Skills Penting Wajib Dipelajari selanjutnya- Time is Money! ya, itulah quote yang sering kita temui sehari-hari, nah teman-teman, tidak diragukan lagi, menurutku time management adalah kemampuan paling penting dan wajib harus kamu miliki, kenapa?

  • Karena supaya kita bisa fokus dalam menjalani hidup, dan memperoleh kesusksesan dengan cepat nantinya. Dengan mensetting waktu kita dengan baik bisa dipastikan kita tidak akan merasa rugi selama menjalani masa muda.
  • Jangan habiskan banyak waktu kamu untuk hal-hal tidak penting dan tidak produktif, fokuslah pada goals hidupmu teman!, keluarlah dari zona nyaman, Berkerja keraslah untuk melihat semua kesempatan yang ada, zaman sekarang banyak orang yang sudah bekerja keras tetapi mereka sangat sulit untuk mengembangkan karier, apalagi yang santuy, ayolah,
  • setting goals kalian, dan lakukan hal-hal produktif dimanapun dan kapanpun. Bersantai dan Bermain ada waktunya, tetapi cobalah untuk bisa melihat kondisi dan pandai-pandai mengaturnya.
  • Pemuda Indonesia yang akan menjadi penerus pembangunan, kalau mau indonesia maju maka anak mudanya harus produktif, aktif, dan inovatif, kembangkan potensi kalian, bangun sebuah tim dan capai tujuan bersama.

Masa depan Indonesia ada ditangan kamu,saya,kita,dan seluruh pemuda Indonesia

3. Belajar Mengatur Keuangan Pribadi

Belajar Mengatur Uang
                                    Belajar Mengatur Uang

Selain bisa menghabiskan uang kita juga harus bisa mengaturnya. Belajar mengatur keuangan Pribadi sangat penting dan wajib kamu lakukan, ini adalah salah satu kunci sukses yang bisa mendorong karier kamu kedepanya.

Belajar mengatur uang maksudnya kalian bisa memahami prinsip keinginan dan kebutuhan dan menerapkanya dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana mengatur keuangan pribadi itu penting?,

Mau jadi orang kaya? harus bisa mengatur keuangan pribadi dengan baik lho! Ternyata tidak rumit buat mengatur keuangan pribadi kamu! terapkan caranya di bawah ini ya!

  • Catat Keuangan Pribadi– Zaman sekarang ada banyak cara praktis buat mencatat pemasukan dan pengeluaran temen-temen lho, mudah saja, kamu bisa memanfaatkan banyak aplikasi catatan keuangan yang ada playstore gratis! dan bisa kalian bawa kemana saja, kapan saja, so nggak ada alasan lagi ya buat nggak catat keuangan pribadi kamu!
  • Buat Anggaran Bulanan– Ini juga penting nih, kenapa kita buat anggaran bulanan?, ya supaya kamu nggak ngabisin uang sesuai anggaran, buat alokasinya perbulan, contoh bulan ini alokasi dana bulanan: 40% untuk sehari-hari, 30% untuk tabungan, 10% buat dana darurat, dan 10% lagi buat sedekah. nah, gampang bukan? silakan dicoba ya:)
  • Buat Dana Darurat dan Investasi– Selanjutnya adalah membuat planning untuk dana darurat dan Investasi kamu sendiri, Belajarlah berinvetasi sejak dini ada banyak instrumen Investasi yang bisa kalian pilih, seperti Emas, Reksadana, Saham, Obligasi, Deposito, dll. Kenapa harus Investasi? Ini yang harus kamu pahami, INFLASI, secara tidak sadar, lambat laun nilai uang akan berkurang setiap waktunya, itulah makanya kamu harus belajar investasi supaya uang tabunganmu tidak digerogoti Inflasi.

4. Latih Critical Thinking

Belajar Critikal Thinking
                                 Belajar Critikal Thinking

Life Skills Penting Wajib Dipelajari- Berpikir Kritis (Critical Thinking) adalah proses berpikir logis melalui menalar sebuah gagasan yang diterima. Intinya adalah kamu dapat berpikir untuk menelaah atau memeriksa informasi yang kamu terima, karena tidak semua informasi yang kamu trima itu benar semua butuh dianalisis.

Lalu Bagaimana cara melatih berpikir kritis?

  • Asah Kemampuan Bertanya– Tanyakan segala asumsi atau gagasan yang kamu terima, jangan menerima informasi mentah-mentah tanpa adanya literasi sebelumnya. Budayakan bertanya hal-hal yang tidak kamu tahu dan yang ingin kamu tahu, selalu cek kebenaran informasi yang kamu terima.
  • Baca banyak buku berkualitas– Dengan membaca kamu meningkatkan kemampuan berpikir kritis, banyak orang-orang sukses yang memiliki kegemaran membaca buku, bahkan ada quote mengatakan, Reader are Leaders.
  • Meneysuaikan Prespektif– maksudnya ketahui dengan siapa kamu bicara, pahami keinginanya, dan tanyakan beberapa pertanyaan yang tidak kamu tahu kepadanya.
  • Bergaul dengan orang-orang cerdas– nah yang terakhir ini kamu bisa sering-sering ngobrol dan diskusi dengan orang-orang cerdas melalui forum atau diskusi di sekolah atau kampus.

5. Belajar Masak

Belajar Masak
                                   Belajar Masak

Mau laki-laki atau permpuan harus bisa MASAK, life skills satu ini sangat penting lho, tau kan? terutama buat perempuan ni, Jadi kamu bisa latihan masak dirumah dengan belajar resep-resep untuk makanan sendiri, membantu orang tua dalam memasak, dan belajar lebih tentang masak minimal buat makanan yang sehat.

6. Berlatih Mengucapkan 3 Kata Ajaib

Life Skill Penting Wajib Dipelajari
                                         3 Kata Ajaib

Tahu kan 3 kata ajaib? kalau belum tahu, nih, ane kasih tau tong, 3 kata ajaib yaitu:

  • Trimakasih
  • Tolong
  • Dan Maaf

Kebiasaan mengucapkan 3 kata ajaib ini akan membuat kamu lebih mudah mendapat teman, dihargai dilingkunagan kamu, dan tidak mudah dimusuhi orang lain. Biasakan mengucapkan kata yang baik lho teman-teman, tolong kurangi kata-kata kasar yang mudah sekali keluar dari mulut kalian ya.

7. Kemampuan Untuk Menikmati Hidup di Masa Sekarang

Life Skill Penting Wajib Dipelajari
                                    Belajar Hidup Bahagia

Patokan Ketenangan pikiran kita ditentukan dengan seberapa jauh kita dapat hidup di masa sekarang. Terlepas dari yang apa yang terjadi di masa lalu., dan apa yang mungkin terjadi dimasa depan. Masa sekarang adalah dimana kita berada.

Cobalah nikmati hidup di masa sekarang, jangan biarkan problem masa lalu dan persoalan masa depan menguasai kita, begitu cemasnya dan bahkan kita dapat depresi dibuatnya.

HEY!, jangan kita tunda kebahagiaan, belum tentu ada saat lebih baik daripada hari ini. Bawalah perhatian kalian dimasa kini, Berlatihlah menjaga perhatian anda saat ini. Insyaallah usaha anda akan membuahkan hasil.

Untuk Belajar Menikmati Hidup Lebih dalam saya merekomendasikan buku Populer karya “RICARD CARLSON” yaitu “Jangan Membuat Masalah Kecil Jadi Besar”.

8. Konsisten Belajar Life Skill Diatas

 

Life Skill Penting Wajib Dipelajari
                           Konsisten dan Istiqomah

Konsisten atau Istiqomah.

Selalu jadi pembelajar dan jangan mudah menyerah dalam hidup, Kamu adalah Kamu, Kamu yang atur hidupmu, Kamu yang bisa Merubahnya, itu semua Tergantung Kamu.

Kamu nggak bisa hidup sendirian, selalu ada orang terdekat yang kamu percaya, orang tua, guru, mentor, teman, dll. Jangan Menyiayiakan mereka, Jangan buat mereka kecewa.

Trimakasih telah membaca, jika temen-temen suka artikel ini, temen-temen bisa share artikel ini, dan untuk membuat penulis tambah semangat jangan lupa tinggalkan komentar positif dibawah.

Akhir kata: Trimakasih Sudah Membaca sampai bawah.

sumber: Pengalaman, Google dan Buku.

Wassalammualaikum.

Penulis

5 thoughts on “7+ Life Skill Penting yang Wajib Dipelajari oleh Remaja”

  1. wajib, bener bener wajib, untuk selalu berkembang.
    Sebagai bagai pekerja misalnya juga harus, latihan lagi berkomunikasi, mungkin dnegan bahasa asing.
    Melatih critical Thinking, kalau dipikir-pikir seoalh diri ini kurang dan ingin terus belajar memenuhi pengetahuan yang kosong, Dengan Membaca Buku diskusi dengan para ahli mebuat pengetahuan berkembang. Mungkin salah satu terapi adalah dengan menulis artikel di Blog misalnya.

    Reply
  2. ini bener banget sih. beruntung mahasiswa sekarang diberkati dengan banyak kemudahan akses mencari informasi dan pengetahuan gratis di internet seperti ini. zaman saya kuliah dulu internet saja masih susah. boro-boro belajar life skill seperti ini. saya paling setuju dengan kemampuan untuk bisa public speaking karena itu yg sepertinya saya kurang asah ketika kuliah dulu. dan public speaking itu bener-bener sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. semangat selalu mas

    Reply
  3. wah, sangat bermanfaat ini. jujur saja, masih banyak sekali skill penting diatas yang masih belum saya miliki (pelajari). mungkin karena udah bawaan sifat kali ya, jadi agak sulit untuk menanamkan suatu kebiasaan baru. meski begitu saya tetap berusaha untuk mengubah pola pikir saya, walaupun progressnya masih sangat amat sedikit hehe.

    Reply
  4. Setuju banget dengan semua life skills yang harus mulai dipraktikkan segera oleh remaja. Jadi nggak cuma sekolah dan menekuni pelajaran saja. Justru life skills gini ntar yang sangat membantu perkembangan kepribadian di masa mendatang.

    Reply

Leave a Comment