Cara Mengatasi Rasa Malas saat Belajar-Bergabunglah Dengan 3% Orang Sukses

Cara Mengatasi Rasa Malas saat Belajar- Bagaimana cara kita mengatasi rasa malas? atau bahkan menghilangkanya?, bagaimana malas bisa hilang dan membuat kamu rajin belajar?. Perlu kamu tahu bahwa malas belajar merupakan masalah paling umum yang dialami oleh banyak pelajar di Indonesia. Banyak riquest datang ke kontak admin untuk membahas masalah ini. Nah untuk itu diarypelajar.com akan berbagi tips cara mengatasi rasa malas untuk kamu, Yuk kita baca!

Disclaimer: Tips dibawah berdasarkan Riset Ilmiah, melalui baca buku, nonton banyak Video motivasi, dan Pengalaman Pribadi tentunya.  Tips ini berguna tidak hanya untuk yang malas belajar, tetapi juga untuk malas2 yang lainya.

Estimasi Baca Hanya: 4 Menit

Cara Mengatasi Rasa Malas

  • Langsung saja Temen-temen, kamu harus percaya bahwa malas itu adalah sebuah kewajaran, malas dimiliki oleh semua orang, bahkan banyak orang yang ga sadar kalau dirinya seorang pemalas.
  • Malas adalah bentuk dari cara kerja otak kita. Antony Robbins motivator terkanal di dunia mengatakan bahwa, manusia akan bergerak maju kalau ada 2 poin, pertama Gain Pleasure, yaitu manusia akan bergerak maju kalau ada suatu yang merangsang dia dan menyenangkan dia. Yang kedua adalah Avoid Pain, yaitu menghindari rasa sakit, ketika ada sesuatu yang ingin dihindari/ membuat rasa sakit seperti hukuman, maka dia akan terpaksa keluar dari rasa malas. Nah kalau kamu ga punya 2 poin di atas, kemunginan besar kamu akan dihinggapi rasa malas, seperti yang ane bilang diatas banyak orang malas yang ga sadar kalau dirinya adalah orang pemalas.
  • Terus gimana cara agar ga malas?
  • Oke, yang pertama kamu harus punya target atau Goals yang jelas, supaya ga malas, atur goals supaya kamu ingat tujuan kamu, dan ketika malas itu akan jadi motivasi untuk kamu.
  • Giamana membuat Goals yang benar?, nah itu ga ane bahas disini kamu bisa baca artikel ini  cara membuat goals yang benar, kamu juga bisa lihat youtube gimana cara buat goals yang baik, saya sarankan menonton channel Succesbefore30, ada banyak video  motivasi disana. Ingat loh, goals ini penting karena itu bak peta perjalanan menuju tempat tujuan kamu.
  • Contoh kecil, Goals yang ga jelas: Saya besok mau bangun pagi. Pagi nya tu jam berapa cuy, nanti kalau ga bangun pagi apa yang akan terjadi? Biasa-biasa saja, atau ada hukuman?. Goals yang jelas contohnya: Besok saya mau bangun pagi jam 04.00 untuk sholat tahajud dan sholat fajar, mandi, sarapan, berangkat lebih awal agar ga terlambat sekolah. Percayalah, ketika ada sudah pasang goals yang jelas maka otak kamu akan menerima pesan seoalah-olah berkata, “Oh besok saya harus bangun pagi jam 4 kalau ga nanti  bisa telat subuh”. itu salah satu contoh.

Bergabunglah dengan 3% Orang Sukses

  • Apa maksudnya?, Buatlah goals kamu secara tertulis, Mark McCormack dalam studinya tentang goal para mahasiswa lulusan MBA di Hardvard Business School (Sekolah Bisnis Ternama di Dunia). Di tahun 1979, lulusan MBA tersebut ditanya oleh Mark “Apakah anda telah menuyusun Goals yang jelas, spesifik, dan tertulis mengenai masa depan anda dan planning tentang cara mewujudkan rencana tersebut?.
  • Hasilnya, 3% meyampaikan mereka telah punya goals yang jelas, spesifik dan tertulis, 13% menyatakan telah memiliki goals yang jelas dan spesifik, sisanya 84% mengatakan belum memiliki dan merencanakan hal tersebut.
  • 10 tahun kemudian, Mark melakukan Interview dengan semua responden yang telah ditanyai dulu. Hasilnya 13% yang menyatakan memiliki goals yang jelas dan spesifik tanpa ditulis, memiliki penghasilan dengan rata-rata 2 kali lipat dari orang-orang yang 84% tadi.
  • Hal yang sangat mengejutkan, 3% Lulusan MBA yang mengatakan memiliki goals jelas, spesifik dan tertulis  memiliki penghasilan rata-rata 10 kali lebih banyak dari 97% lulusan MBA Lainya.
  • Perbedaan mereka yang 3% ini adalah mereka membuat goals yang jelas, spesifik, dan tertulis.
  • Contoh lainya, Ane ga omdo lihat ini gimana ane plan goals untuk blog ini:
Goals Diary Pelajar
  Goals Diary Pelajar (Yang Tercoret Telah Tercapai)
  • Nah goals itu akan jadi motivasi buat kamu kalau kamu lagi malas, ingat ya, Besar kemungkinan kamu malas karena kamu ga punya target/goals yang jelas.

Tujuan yang besar perjuanganya besar juga, kalau kamu mau jadi pemanjat pohon paling tinggi  kamu juga harus mau jatuh paling sakit, so jangan malas!.

  • Kedua, Harus ada Punishment/Hukuman. Wajar ya, manusia itu mau belajar kalau besok ada ujian, kalau ga belajar entar nilainya jelek, mau belajar sbmptn, kalau males besok ga dapet masuk kampus impian, mau menghafal juz 30, kalau ga hafal, besok kena hukum di depan kelas, mau menaati tata tertib sekolah, kalau ga entar kena hukum guru, itu contoh saja. Intinya kamu harus ada punishment di setiap goals kamu, biar ga malas tujuanya.
  • contoh yang pernah ane alami, ane pasang goals untuk lulus kuliah jalur snmptn, syarat yang pertama apa?, nilai raport harus naik setiap semesternya, harus masuk pemeringkatan 40%, nah begitu ane malas, ane teringat kalau ga rajin belajar nanti ga lulus SN, kalau ga lulus SN harus berjuang di UTBK, itu sama-sama sulit, tapi kalau sudah lulus SN maka akan lebih lega. Itu yang selalu jadi penyemangat ane buat semangat belajar.

Rasa Malas ga akan buat kamu mendapat nilai bagus, Rasa malas ga akan buat kamu mendapat apa yang kamu inginkan, Rasa malas ga akan membuat hidup kamu menjadi lebih baik. Rasa Malas Bukan sebuah Solusi.

  • Yang Ketiga Reward/Hadiah. Harus ada hadiah dong, setiap goals yang sudah kamu dapetin harus dikasih hadiah biar hati senang dan semangat buat lanjutin goals yang lebih tinggi. Beri Reward yang jelas supaya kamu semangat bergerak dan keluar dari zona nyaman.

Jangan tunda-tunda pekerjaan yang bisa dikerjakan sekarang

Cara Mengatasi Rasa Malas saat belajar
Mading Pengingat
  • Kalau kamu hobi menunda apapun itu bentuknya, menunda pekerjaan, menunda tugas sekolah, menunda apapun itu, intinya hobi menunda. Maka kamu harus pahami hukum proses, ketika kamu sudah paham insyaallah kamu mikir 2 kali kalau mau menunda pekerjaan.
  • Hukum Proses, yaitu pertama Fokus pada Hasil Akhir, bukan susahnya. Jangan fokus pada capeknya, jangan fokus pada lelahnya. Memang ga enak, begitulah proses, kamu harus fokus hasil akhirnya. Sesuatu yang besar perjuanganya juga besar bro.

“Hargai dan Nikmati sebuah Proses”

  • Hiduplah pada masa sekarang, apa maksudnya?, Tidak perlu dipertanyakan lagi, ada kalimat yang saya kutip dari buku “Ukuran ketenangan seseorang ditentukan oleh seberapa jauh orang tersebut hidup dimasa sekarang” sebagian orang menguasai teknik menyiayiakan hidup, jangan biarkan problem dimasa lalu membuat kamu merasa cemas apalagi frustasi dan imbasnya kamu ga produktif buat hal yang menjadi prioritas kamu, selain itu jangan menunda prioritas dan kebahagiaan kamu. Dengan sangat yakin kamu berbicara “Suatu saat pasti ada kondisi lebih baik daripada hari ini”, Ingatlah suatu saat nanti yang akan tiba tetap sama saja “suatu saat nanti” jika kamu belum berubah untuk melakukanya sekarang.

Masa Lalu Tidak sama dengan Masa Depan

  • Jangan mudah menyerah, seberapa banyak kamu mencoba tetaplah bersabar, kalau masih ga bisa juga, modifikasi strateginya. Jangan pernah ragu mencapai impianmu, karena 1000 langkah itu diawali dengan langkah pertama, begitu juga Blog ini 1000 Artikel diawali dengan artikel yang pertama. 🙂
  • Penyesalan itu datang di akhir, terlepas dari banyaknya perbedaan pendapat tentang itu, percayalah jangan pernah mencoba untuk menyerah.

Banyaknya kegagalan hidup yang terjadi sebab orang-orang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan kesuksesan saat mereka menyerah. 

Thomas A Edison

Kesimpulan

  • Cara mengatasi rasa malas saat belajar-Jika kamu sudah baca cara-cara diatas, sekarang semua balik ke diri kamu lagi, mau berubah atau engga, intinya tadi, Satu! harus punya goals yang jelas, dan kamu harus konsisten buat memperjuangkanya, jangan lupa juga berdoa sama yang diatas, kalau kata temen ane itu : “Woy Jie kamu tu terlalu banyak teori, banyak baca buku, praktek kaga”. Jangan lupa dipraktekin ya, biar temenku ga marah.
  • Sekian artikel ini, jika kamu merasa artikel ini bermanfaat kamu bisa share ke sosmedmu, dan jangan lupa berikan komentar positif dibawah, ane juga mau melihat perubahan positif yang terjadi pada hidupmu.

“Masa depan ditentukan dengan apa yang kamu lakukan pada hari ini, bukan besok”

Baca Juga: Stop buang-buang waktu dengan smartphone!- Lakukan Tips ini Cara Membuat Smartphone Lebih Bermanfaat

Trimakasih 🙂

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 🙂

Penulis

15 thoughts on “Cara Mengatasi Rasa Malas saat Belajar-Bergabunglah Dengan 3% Orang Sukses”

  1. Betul banget, nih. Bergaul sama orang yang rajin, kita jadi ikut termotivasi jadi rajin juga. Memang harus pinta2 milih teman dalam pergaulan, ya. Soalnya berpengaruh juga pada hidup kita.

    Reply
  2. Setuju, Kak. Kalau mau sukses memang kudu punya target yang jelas untuk dicapai. Jangan sampai bermimpi doang tapi ogah beraksi yang menuntut kerja keras. Kalau kumpul sama orang-orang sukses, memang auranya jadi semangat deh. Semoga targetnya tercapai Kak!

    Reply
  3. ah tulisannya bagus banget. Menginspirasi saya terutama, karena selama ini belum benar-benar menentukan goals atau impian, Jalan masih seperti mengikuti arus air. Harus diubah ini. Terimakasih, insight banget.

    Reply
  4. Bener banget ih, kadang ak malah mengikuti orang yang sudah enak dan tidak ngapa-ngapain tapi kok dia bisa nyaman gitu hidupnya.. Ternyata sebelumnya dia sudah pernah susah-sesusahnya, sekarang tinggal menikmati hasilnya.. Salah paham sih melihatnya seperti itu.

    Reply
  5. Wah, bagus nih. Praktiknya memang butuh tekad dan konsistensi 😀 Kalau udah gini, terasa banget perlunya lingkungan yang sepaham dan mendukung. Kalau lingkungannya males, bisa-bisa malah terbawa malas.

    Reply
  6. Memang malas ini sudah menjadi penyakit tambahan terkadang. Menunda-nunda pekerjaan seperti selalu ada dalam kamus kehidupan, termasuk saya sih. Memang perlu fokus konsistensi, konsekuen, agar lebih produktif. Terima kasih tips nya nih

    Reply
  7. Huft memang sulit yah menghilangkan rasa malas ini apalagi kalau udah badmood, makin menjadi jadi deh rasa malas itu. Saya pribadi klu lg malas yah biarin aja dlu, ntr setelah leyeh leyeh baru deh singkirin rasa malas

    Reply
  8. Memang benar, menunda2 pekerjaan itu sebenarnya yang malah semakin bikin diri ini malas 😀 Aku sih mikirnya, mendingan bersusah payah dulu, semangatin aja, nanti kalau sudah beres semua, baru bisa deh leyeh2 hehehe 😀 Circle kita mesti orang2 produktif kita dong, supaya ketularan produktif juga.

    Reply
  9. Ukuran ketenangan seseorang ditentukan oleh seberapa jauh orang tersebut hidup dimasa sekarang===benar juga, aku tenang sebab masa bodo masa lalu dan masa bodo kata orang, yang penting yakin telah melangkah dengan benar, walaupun …masih ngeri juga dg masa depan ..

    Reply
  10. Bicara soal Goals, jadi inget ke John Goddard sang petualang sejati, punya 123 Goals di usia 15 dan ketika usia menginjak 50 tahun 100 Goals nya telah di Capai…Bikinlah goals dan terus nikmati prosesnya hingga tak terasa Goals kita sudah kita capai satu persatu..

    Reply

Leave a Comment