Tahun 2021 Bisnismu Belum Memiliki Website? Yuk! Buat Website Bisnismu dan Kalahkan Kompetitormu!

 

Tahun baru semangat baru!! 🙂 Sudah siap untuk kalahkan kompetitor bisnismu di tahun 2021 ini? Sudah ga sabar untuk simak caranya? Ayo kita mulai! 

Kita Memasuki Era Ekonomi Digital

Buat Website Bisnismu

 

“Bukanlah spesies yang paling kuat atau paling cerdas yang mampu survive, tapi mereka yang paling mampu beradaptasi terhadap perubahan”

Begitulah bunyi kutipan dari ilmuan tersohor Charles Darwin tentang kehidupan. Memang sedikit berlebihan, tetapi begitulah kenyataanya. Manusia harus terus beradaptasi dengan perubahan zaman, termasuk juga dalam berbisnis.

Di era ekonomi digital seperti sekarang, pebisnis secara konvensional harus beradaptasi agar bisnisnya mampu bertahan dengan berani terjun ke dalam trend ekonomi digital/go online. Hal ini merupakan keharusan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi bagi bisnis konvensional.

Apa itu Bisnis Go Online?

Semua bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan melalui internet (online), baik menjual produk barang atau jasa.

Kenapa Harus Go Online?

Ekonomi Digital Indonesia dalam beberapa tahun kebelakang terus menunjukan tren kenaikan, dilansir dari laporan google, temasek, dan bain dalam laporanya yang berjudul e-Conomy SEA 2020 (10/11/20) memproyeksikan nilai ekonomi digital Indonesia pada per 2020 sebesar US$ 44 miliar atau Rp 619 triliun, nilai tersebut naik 11% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pandemi Covid-19 membuat penetrasi pengguna internet Indonesia juga meningkat pesat, hal tersebut didukung oleh data yang dikeluarkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memaparkan ada sebanyak 196,7 juta pengguna internet di Indonesia saat ini, jumlah tersebut jika dipersentasikan sebesar 73,3% dari total penduduk Indonesia. Jumlah yang fantastis bukan?

Hal tersebut menjadi peluang besar bagi dunia bisnis digital Indonesia terutama bagi pelaku bisnis, belum lagi ditambah dengan adanya bonus demografi Indonesia nanti, sudah pastinya akan berdampak terhadap peningkatan dan kesejahteraan penduduk Indonesia.

Sudah paham kan mengapa seorang pebisnis harus Go Online?, mari kita lanjut.

Selangkah Lebih Maju , Langkah Baru Membagun Bisnis Sukses Lewat Internet

Kamu punya banyak cara untuk bisa mengembangkan bisnismu lewat internet, mulai dari mendaftarkan bisnismu di marketplace, memanfaatkan marketing Ads, berjualan via media sosial, hingga membuat website bisnismu sendiri. Masing-masing cara mempunyai kelebihan dan kekuranganya tersendiri.

Banyak sekali kasus pebisnis yang hanya fokus dan puas menjalankan bisnisnya dengan mendaftarkanya di marketplace atau di media sosial saja, itu untuk kebanyakan orang, tetapi untuk kamu harus berbeda, kamu harus mengambil langkah lebih maju dari kompetitormu dengan membangun website bisnis online-mu sendiri. Kenapa harus website?

Saya kan masih pemula, buat website itu susah?, bisnis saya belum besar kok, ga perlu itu!, males ah banyak ngodingnya!

Itulah alasan dari beberapa orang yang belum familiar dengan website, dan mereka belum paham seberapa pentingnya website untuk bisnis online.

Lalu seberapa urgen website untuk bisnis saya?

Nah disini saya akan elaborasikan seberapa penting website untuk bisnis online-mu:

Website akan Meningkatkan Branding dan Kredibilitas Bisnis

Website Meningkatkan Branding dan Kredibilitas Bisnis

Kepercayaan adalah hal yang penting dalam bisnis digital, yup, untuk membangun trust/kepercayaan terhadap sebuah produk atau jasa yang kamu tawarkan, website adalah tempat yang tepat, kamu bisa bangun branding bisnismu melalui website. Website akan membuat bisnismu lebih kredibel dimata konsumen, karena mereka akan menilai secara keseluruhan produk bisnismu disana, mulai dari testimoni, spesifikasi produk, dan rincian lainya.

Coba bayangkan jika toko online-mu tidak memiliki website, tentunya mereka akan ragu untuk membeli produkmu. Jika kamu memiliki website untuk produkmu maka konsumen akan yakin bahwa produk dan toko online-mu benar-benar ada, dan konsumen akan menilai toko online-mu mempunyai kredibilitas.

Website akan Menjangkau Pasar Lebih Luas

Menjangkau lebih luas pasar

Data Digital 2020 menjelaskan bahwa setidaknya ada 8 orang dari 10 orang pengguna internet yang dalam satu bulan membeli produk atau jasa secara online paling tidak satu kali.(We Are Social)

Pada Januari 2020 We Are Social mencatat ada 4,5 Milyar pengguna Internet di dunia, kamu bisa mendaftar dan memanfaatkan mesin pencari seperti google, bing, dll untuk membuat website bisnismu lebih mudah dicari oleh customer.

Ketika kamu memiliki website bisnis sendiri, bisnismu akan memiliki jangkauan pasar lebih luas, coba banyangkan di Indonesia saja terdapat 197,6 juta pengguna internet yang semuanya merupakan calon konsumenmu, bahkan dengan memiliki website, bisnismu bisa dijangkau seluruh dunia. Luar biasa bukan?, oke lebih realistis lagi ya, Jika kamu seorang pebisnis pemula, dengan memiliki website, bukan tidak mungkin bisnis yang sekarang kamu jalankan di desa/kotamu akan lebih dikenali dan mendapat konsumen dari luar kota bahkan luar provinsi. Inilah salah satu keunggulan memiliki website bisnis-mu sendiri.

Coba cermati, jika kamu hanya memanfaatkan kekuatan media sosial untuk promosi bisnis maka jangkauan bisnismu hanya sebatas followers yang kamu miliki saja, jika ingin lebih maka kamu harus membayar iklan yang mahal, dengan websitelah cara agar kamu bisa promosi dan menjangkau para costumer lebih luas lagi. Dengan website, kamu juga bisa mempromosikan akun mesia social bisnismu agar mendapat lebih banyak followers.

Selalu Buka 24 Jam

Selalu Buka 24 Jam

Kamu bisa analogikan websitemu seperti mall atau seperti toko di dunia nyata, salah satu hal yang membedakan website dengan mall adalah jika mall buka di jam-jam tertentu beda dengan website yang dapat memungkinkan kamu untuk selalu buka 24 Jam, karena tidak semua konsumenmu belanja dan berselancar di internet pada siang hari bukan?

Lalu apa bedanya dengan sosial media? kan juga bisa 24 jam!

Perbedaanya terletak pada fungsi, media sosial tidak bisa melengkapi fungsi kompleks dari sebuah website, karena sejatinya media sosial adalah media yang kamu gunakan untuk bekomunikasi dengan costumer. Website merupakan citra bisnis, seperti yang telah dijelaskan di atas, website menunjukan semua bisnismu secara detail semuanya dapat dilihat di website mulai dari katalog produk, spesifikasi produk, kebijakan bisnis, stok produk, dll.

Website Cocok Untuk Semua Bidang Bisnis

website cocok untuk semua bidang bisnis

Dilihat dari fungsinya ,website dibedakan menjadi beberpa kategori, salah satu yang kita bahas disini adalah website bisnis, bahasa gampangnya website binis adalah website yang menampilkan informasi mengenai bisnis kamu, dimana lokasinya, dan bagaimana cara konsumen untuk melakukan pembelian.

Kamu mau bisnis apa?, Makanan?, Fashion?, Elektronik?, bahkan Jasa? semua bisa kamu sesuaikan di websitemu, beda dengan media sosial yang hanya menyajikan display/tampilan yang sama setiap akunya, di website kamu bisa menyesuaikan desain templete websitemu sesuai bisnis yang kamu jalani. Hhmm gimana mulai tertarik?

Hemat Biaya dan Waktu

Hemat Biaya dan Waktu

Yup, kamu ga salah baca, coba kamu tebak dari segi mana website bisnis-mu dapat menghemat biaya dan waktu yang kamu miliki?

Memiliki website bisnis berarti kamu melakukan investasi jangka panjang pada bisnismu, kamu telah berinvestasi dengan membangun toko online di dunia maya yang penggunanya terus berkembang sepanjang waktu. Dengan website kamu tidak perlu standby 24 jam untuk menawarkan barang atau jasamu seperti toko konvensional, website akan bekerja secara otomatis melayani konsumenmu, jadi kamu bisa beraktifitas produktif di waktu luangmu.

Pebisnis pemula biasanya beranggapan mendirikan bisnis yang besar memerlukan biaya besar pula, tetapi dengan adanya website kamu bisa bangun bisnis besar dengan menghemat banyak pengeluaran, memang membuat website membutuhkan biaya untuk beli domain dan hosting, tetapi itu akan sebanding dengan keuntungan yang kamu dapatkan di Internet, yaitu jaringan pasar yang luas, hemat waktu, dan kemudahan mengontrol bisnis. Kamu bisa membuat website bisnis dengan biaya kecil dengan membeli domain dan hosting di perusahan hosting provider tertentu, tanpa perlu menghabiskan puluhan juta rupiah untuk promosi iklan media sosial. Salah satu perusahaan web cloud hosting Indonesia yang saya sarankan untuk membeli domain dan hosting adalah Qwords.

Kamu telah mengetahui manfaat website bisnis terhadap kesuksesan bisnismu, itu masih sebagian kecil, masih ada banyak manfaat lainya yang bisa kamu dapatkan dari website bisnis.

Yuk! Buat Website Bisnismu dan Kalahkan Kompetitormu!

Untuk membuat website kamu harus membeli domain, hosting, dan memilih platform. Ketiga komponen tersebutlah yang kamu perlukan untuk membuat website bisnis, nah saya akan jelaskan secara singkat:
Jika website diibaratkan sebagai toko fisik/konvensional, maka domain adalah alamat dari toko tersebut, dan hosting adalah lahan yanh digunakan untuk membangun toko tersebut.

Platfrom

Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk membuat website bisnis, berdasarkan hasil riset saya di internet, platform wordpress adalah yang paling banyak direkomendasikan untuk membuat website bisnis dan mudah digunakan.

Kunci Membangun Website yang Berkualitas

Pemilihan nama domain menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan website, buatlah nama domain yang simple dan mudah diingat oleh konsumen anda.

Tidak sembarang website bisa memberikan manfaat maksimal lho, kamu harus membuat website yang berkualitas untuk mendapatkan semua manfaatnya. Website bisnis yang berkualitas adalah yang essy to use, menampilkan desain yang menarik dan relevan, serta memiliki page speed yang cepat supaya mendapat peringkat tinggi di hasil pencarian. Itulah kunci membuat website berkualitas.

Salah satu hal urgen yang menentukan kualitas website yang jarang diperhatikan oleh pebisnis adalah pemilihan Web Hosting. Coba bayangkan, alih alih ingin membuat website yang berkualitas kamu malah sembarang memilih penyedia web hosting, tentunya hal tersebut akan berpengaruh buruk bagi performa website bisnismu, seperti website tidak stabil, server down, dll, tentunya hal tersebut akan membuat konsumen enggan mengunjugi apalagi membeli di website bisnismu bukan?.

Setelah mengetahui pentingnya website dan apa saja kunci membuat website yang berkualitas, sekarang saatnya kamu memilih penyedia web hosting mana yang kamu ingin gunakan.

Buat Website Berkualitas dengan Web Hosting dari Qwords

Untuk memilih penyedia Web Hosting terbaik untuk bisnis anda, Qwords adalah solusinya, selain sudah berpengalaman sejak 2005, dalam 3 tahun saja Qwords sudah masuk “Top 10 Hosting Company di Indonesia”, juga  ada alasan spesial mengapa saya merekomendasikan Web Hosting Qwords untuk website bisnis anda yaitu karena keunggulan-keunggulanya, Apa saja itu?

Uptime Network & Server di atas 99.99%

Uptime Network Server 99.99%

Server down merupakan mimpi buruk bagi pemilik website apalagi website bisnis. Karena server yang sedang down akan membuat website kamu tidak bisa diakses, sehingga, akan mengurangi jumlah pengunjung di website kamu.

Apalagi jika server down terjadi pada website bisnis. Dampaknya adalah kerugian finansial yang akan muncul. Wah Bahaya sekali bukan?

Performa server dari sebuah website merupakan salah satu penentu kualitas website online, salah satu keunggulan Qwords terletak pada performa server yang ia tawarkan, Qwords menyediakan layanan Uptime Network dengan performa optimal diatas 99.99% yang didukung dengan multiple upstream tier 1 provider network serta multiple peering membuat website bisnis anda memiliki performa yang cepat diakses tanpa lemot diseluruh dunia.

Panduan Manual Lengkap, Mudah dan Solutif

Panduan Manual Lengkap Mudah dan Solutif

Untuk kamu yang masih pemula dan awam tentang website hal ini sangat penting untuk diperhatikan, penting sekali untuk memilih penyedia Web Hosting dengan layanan support yang lengkap dan standby 24 Jam dalam melayani pelanggan.

Tapi tenang guys, Qwords sangat memahami keinginan konsumenya, Qwords menyediakan layanan knowledge base yang berisi panduan lengkap tentang layanan Qwords yang diberikan, selain itu terdapat panduan manual pengelolaan website yang mudah dan solutif, jadi kamu ga perlu ragu untuk membuat website bisnis bersama Qwords ya.

Oh iya ada satu lagi guys, Jika kamu masih mengalami kendala dalam pengelolaan website bisnis nanti, kamu bisa menghubungi technical support dan costumer servis Qwords, kamu bisa menghubungi melalui Live chat, Call Center, dan Support Ticket. Chat saya dibalas kurang dari 5 menit lho guys wow!

Jaminan Keamanan dan Garansi 30 Hari Uang Kembali

Jaminan Keamanan dan Garansi

Jaminan keamanan menjadi komitmen yang paling diperhatikan oleh Qwords, pengecekan dan pencegahan yang bekala dan berstandar menjadi proritas dalam melayani pelanggan. Hal tersebut merupakan bentuk keseriusan Qwords dalam melayani konsumenya guys.

Takut di PHP-in? tenang guys..utuk memberikan kenyamanan bertransaksi, Qwords juga memberikan jaminan 30 hari uang kembali setelah hosting anda diaktifkan, jadi kamu ga perlu takut di PHP-in setelah memilih Qwords ya guys.

Paket Hosting Beragam Harga Terjangkau

Paket Hosting Beragam Harga Terjangkau

Saat memilih penyedia hosting untuk website bisnis kamu, pastikan kamu memilih hosting pada penyedia web hosting berkualitas, karena kualitas hosting akan menjadi kunci dari performa website bisnismu.
Qwords menyediakan beragam pilihan paket hosting Indonesia yang bisa disesuaikan dengan keperluanmu, tentunya dengan harga yang terjangkau.

Kalau website bisnis pilih paket yang mana?

Nah untuk pilihan paket hostingnya kalian bisa cek lebih lengkapnya di Website Qwordsnya langsung ya guys!

www.qwords.com

Ssssst sekarang lagi ada diskon lho 🙂  hosting murah dengan diskon nama domain 🙂

Kisah Sukses

Untuk menambah keyakinanmu, mari kita simak kisah seorang pebisnis yang sukses lewat website bisnisnya, Mari kita gelorakan semangat berbisnis di 2021 ini!!!

KISAH SUKSES KOPI TEMANGGUNG BERSAMA QWORDS

Salah satu kisah sukses pebisnis yang memanfaatkan website sebagai media penjualanya adalah kopi temanggung yang berkerja dengan ALAS COFFEE INDONESIA, melalui websitenya www.kopitemanggung.co.id mereka berhasil melakukan pendistribusian kopi temanggung hingga ke seluruh dunia.

Karena kepercayaan pelanggan terhadap pelayanan dan kualitas produk yang mereka berikan, kelompok bisnis mereka menjadi salah satu kelompok produsen dan prosesor biji kopi hijau kopi paling terkemuka di Temanggung.

Dengan jumlah pendistribusian kopi hingga keseluruh dunia mereka tidak mungkin menggunakan web hosting abal-abal, dibalik kesuksesan tersebut, mereka menggunakan web hosting dari penyedia layanan hosting Indonesia berkualitas yaitu Qwords, dalam salah satu video di youtube (cek: qwords.com)  salah satu petinggi mereka memaparkan selama berbisnis website mereka aman, dan belum menemukan kendala sampai sekarang.

Itulah salah satu bukti dimana website memegang peranan sangat krusial bagi sebuah bisnis, sampai disini kamu mungkin berpikir, ternyata banyak sekali manfaat website terhadap bisnis online, oleh karena itu jangan tunda-tunda lagi, sekarang adalah saatnya mulai bergerak untuk membuat website online-mu, dongkrak penjualan dan kalahkan kopetitormu!

Refrensi:

qwords.com

https://teknoia.com/

https://www.cnnindonesia.com/

andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2020/

www.kopitemanggung.co.id

Disclaimer: 

Artikel ini diikutsertakan pada Qwords Blog Competition 2020, dengan tema: Langkah Baru Untuk Sukses Lewat Internet.

Penulis

Leave a Comment