Belajar Investasi Reksadana untuk Pemula di Aplikasi Bibit (Pelajar Wajib Coba)

Investasi Reksadana untuk Pemula di Aplikasi Bibit (Pelajar Wajib Coba)- Assalamualaikum Wr.Wb. kali ini diarypelajar.com akan berbagi ilmu Belajar Investasi Reksadana di Aplikasi Bibit yang wajib kamu coba. Ane disini niatnya hanya untuk bagi pengalaman selama pakai aplikasi bibit.

Jika kamu sudah paham betul tentang Investasi Reksada mending Skip aja bacanya, karna Artikel ini sifatnya fundamental banget, intinya tujuan ane nulis artikel ini buat gambaran yang memang masih pemula dari nol.

DISCLAIMER: Artikel ini Berdasarkan Pengalaman Pribadi Ane Selama Pakai Aplikasi Bibit, Ane mulai Belajar Bibit dari Bulan April dan Start buat Investasi di Bibit pada Akhir Mei. Ane Rasa Aplikasi Bibit ini menarik dan recomended untuk kamu coba. ūüôā

Note: Kalau Gambar Kurang jelas atau Kekecilan, bisa kamu klik gambarnya ya ūüôā

Investasi Reksadana untuk Pemula di Aplikasi Bibit- Sebelum ane bahas pengalaman di Aplikasi bibit, sekarang ane kasih tau dulu hal yang paling dasar yang harus kamu tau, yaitu apa itu Reksadana?, dan Apa itu Aplikasi Bibit?

Apa Itu Reksadana dan Apa itu Bibit
                                 Apa Itu Reksadana dan Apa itu Bibit?

Apa itu Reksadana?

  • Oke kalau dijelasin secara istilah atau bahasa mungkin sulit dipahami, jadi langsung aja simpelnya ya, Reksadana itu adalah paket Investasi, nah Paket Investasi itu akan dikelola oleh Manajer Investasi (MI) yang sudah dapat izin dari OJK tentunya. jadi MI nanti akan Investasi ke berbagai Instrumen Investasi.
  • Ada 3 Jenis Reksadana yang bisa kamu beli di aplikasi Bibit, yaitu Saham, Obligasi, Pasar Uang. Nah Masing-masing instrumen itu punya potensi keuntungan dan Resiko yang beda-beda.
Reksadana Pasar Uang
                                                                  1.  Reksadana Pasar Uang (Sumber: Blog Bibit)
Reksadana Obligasi
                                                          2.   Reksadana Obligasi (Sumber: Blog Bibit)
Reksadana Saham
                                                            3.  Reksadana Saham (Sumber: Blog Bibit)

Apa Itu Aplikasi Bibit?

  • Bibit adalah aplikasi investasi reksadana untuk pemula yang mulai belajar investasi. Kamu bisa mulai investasi sesuai dengan level resiko kamu. ga perlu bingung pilih reksadana, ga harus takut investasi bodong, tinggal terima beres. nah terus keuntunganya dari mana?, eits, tar dulu, nanti akan dibahas ya.
    Sudah tau kan yang dasarnya, sekarang ayo kita lanjut

Investasi Reksadana untuk Pemula di Aplikasi Bibit

Mulai Dari Sini

  • Kenapa Pakai bibit?, Karena mudah dan simpel, cocok banget buat pemula, kamu akan diberi rekomendasi oleh Robo Advisor(Robot Investasi) untuk harga reksadana terbaik sesuai level resiko kamu, dan untuk minimal pembelian reksadana bisa dimulai dari harga 10.000, sesuai jenis reksadana yang mau dibeli tentunya.
Investasi Reksadana untuk Pemula di Aplikasi Bibit
                                                                                  Keuntunganya Dari Mana?
  • Dari mana Keuntunganya, Kamu akan untung ketika harga reksadana yang kamu beli naik, misal kamu beli reksadana Z senilai 120.000 diharga 1,427.50, artinya kamu dapat 84.0630 unit Reksadana Z. Setelah Lebih kurang 1 bulan kemudian, harga reksadana Z naik menjadi 1,536.16. Nah disini status kamu cuan(untung). Jadi perhitunganya:
  • Keuntungan= (Harga saat ini-Harga Beli) x Jumlah Unit
  • Keuntungan= (1,536.16 – 1,427.50)x84.0630 = 9,135,00

Cara Daftar

  • Syaratnya adalah kamu harus punya KTP, Rekening Tabungan, No Hp Valid, dan Alamat e-mail Valid.
    Setelah itu Download Aplikasi bibit.
  • Lalu kamu akan mengisi Profil Investor, melalui kuesioner 6 pertanyaan: Tanggal lahir, Status Pernikahan, Pendapatan Perbulan(Kalau Pelajar tulis aja jumlah uang jajan kamu sebulan), Nilai Kekayaan, Tujuan Investasi, dan Saat turun 15% apa yang akan kamu lakukan?. Jawablah pertanyaan diatas sesuai kondisi kamu, ga ada bener salahnya juga kok.
  • Setelah itu akan ada Registrasi No Telepon, Data Diri, Upload KTP, dan Membuat Pin Aplikasi. Untuk Tahap ini Pastikan semua data benar, dan jangan sampai lupa PIN yang telah kamu buat ya.
  • Kode Refferal Bibit: waktu registrasi jangan lupa masukan kode Refferal, kamu bakal dapat saldo 25.000 buat beli Reksadana, Kalau kamu belum punya Kode Refferal Bisa Pakai kode Refferal ane yaitu: yuknabung25000 , Kamu dapat 25.000 ane juga 25.000 win-win KAN.

Kalau kamu bingung pas daftar aplikasi bibit, kamu bisa DM ane dengan tekan tombol IG di Pojok kanan bawah Blog atau bisa tinggalkan komentar dibawah ya.

  • Minimal Investasi: Untuk awal itu minimal investasinya Rp100.000

Beli Reksadana di Bibit Pertama Kali

Investasi Reksadana untuk Pemula di Aplikasi Bibit
                                         Pembelian Pertama Dana Pensiun
  • Pertama kali beli Reksadana bibit waktu itu ke Portofolio Dana Pensiun Sebesar 275.000, pada saat lagi awal-awal corona tepatnya 29 Mei. Keuntungan sekarang per tanggal 24 Juni itu sebesar 11.400 atau 4.18%.
  • Sekarang ane sudah punya beberapa Portofolio, dan kalau ane lebih banyak ke Reksadana Saham karena Untungnya lebih Gede, walau resikonya gede juga.

Fitur Goal Setting

Kamu bisa buat sendiri Goal Investasi kamu pakai fitur ini, setelah kamu investasi awal Rp100.000, buat contohnya begini:

Buat Portofolio Sendiri Fitur Goal Setting
                                                                 Buat Portofolio Sendiri Fitur Goal Setting

Prefensi Syariah

 Reksadana Syariah dan Konvensional
                                                                                   Reksadana Syariah dan Konvensional
  • Islam Pakai Syariah: Reksadana Syariah dikelola langsung oleh manajer Investasi berdasarkan FATWA MUI. Sektor yang diper jual belikan ada batasanya, harus halal pastinya dan ga Riba. Apa bedanya dengan Konvensional? untuk itu Lebih lengkapnya kamu bisa Searching di google.

Next Page–> Gimana Strategi Investasi Reksadana untuk Pemula di Aplikasi Bibit? –>

15 thoughts on “Belajar Investasi Reksadana untuk Pemula di Aplikasi Bibit (Pelajar Wajib Coba)”

  1. cocok banget ya tuk yang baru belajar berinvestasi reksadana, apalagi bisa diarahin oleh robot investasi segala yaa, jadi gak perlu ragu karena ada rekomendasi segala ya.

    Reply
  2. Aku sempat tuh investasi RD tapi pas butuh duit aku jual, habis deh belum mulai lagi padahal bagusnya nih RD untuk jangka panjang ya biar lebih terasa hasilnya

    Reply
  3. aku juga pake investasi ini nih, dari yang tadinya bingung gimana mulainya, diarahin banget sama bibit lewat kelas-kelasnya dan tentunya praktik langsung ya.. tapi iya suka sedih kalau imbal hasilnya minus merah gitu, hiks

    Reply
  4. Iya ih pendaftaran RDN di bibit mudah banget, dan tidak ribet.. Langsung dari aplikasinya bisa, bahkan bank RDNnya juga bisa langsung dari yang kita punya.. Beli reksadana jadi lebih cepat dan efektif.

    Reply

Leave a Comment