12 Akun Instagram Untuk Belajar Ekonomi Syariah

Belajar Ekonomi Syariah – Halo sobat pelajar, artikel ini ditujukan bagi kamu yang tertarik belajar ekonomi islam. Penulis mendapat beberapa rekomendasi akun di bawah dari mahasiswa jurusan ekonomi islam yang penulis kenal.

Pesan meraka adalah jika ingin serius mendalami ekonomi islam kalian dianjurkan belajar dengan membaca buku. Kedepanya, jika Allah berikan umur panjang, penulis akan berikan rekomendasi buku untuk belajar ekonomi syariah buat teman-teman pembaca.

Sebelum ke intinya, mari kita pahami sekilas kenapa kita khususnya sebagai pemuda muslim harus belajar ekonomi syariah?.

Kenapa Harus Belajar Ekonomi Syariah?

Mengapa Belajar Ekonomi Syariah

Keuangan dan ekonomi syariah memiliki potensi untuk mendorong stabilitas moneter dan kesejahteraan masyarakat.

Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia rupanya masih terus berusaha untuk meningkatkan literasi keuangan syariah.

Alhamdulillah literasi ekonomi syariah Indonesia terus membaik, tercatat di tahun 2021 tingkat literasi ekonomi syariah sudah di angka 20,1 persen dari sebelumnya 16,3 persen.

Namun angka berbeda menunjukan bahwa tingkat literasi masyarakat terhadap keuangan dan perbankan syariah. Dalam catatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), literasi masyarakat terhadap keuangan dan perbankan syariah hanya kurang dari 9% saja, jauh tertinggal dari literasi terhadap keuangan konvensional yang hampir 40%.

Baca Juga: Keterampilan Hidup Soft Skill  Bagi Remaja di Era 4.0

Dari literasi yang masih perlu ditingkatkan tersebut mengakibatkan inklusi keuangan syariah hanya di angka 9,1%, jauh tertinggal dari bank konvensional yang mencapai 76,2%.

Mari Kita Tingkatkan Literasi Keuangan Syariah!

Ada banyak metode atau cara belajar ekonomi syariah yang bisa kamu lakukan, salah satunya dengan belajar melalui paltfrom media sosial, nah diantara media sosial yang banyak digunakan saat ini adalah Instagram.

Berikut 12 akun instagram untuk belajar ekonomi syariah :

  1. @muamalah_daily
  2. @fikihmuamalahkontemporer
  3. @likescenter
  4. @keyvan.id
  5. @kneks.id
  6. @syiar.syariah
  7. @sharfin.id
  8. @pahamekis
  9. @ekisentrum
  10. @kli.books
  11. @kepoinekis
  12. @iaeiindonesia

Jurusan Ekonomi Syariah

Belajar Ekonomi Syariah Fikih Muamalah

Jurusan Ekonomi Islam

Literasi Keuangan Syariah

Sebagai seorang pemuda muslim kita harus berjuang mengembalikan kejayaan peradaban Islam, yang mana salah satunya melalui dunia literasi, kembali membudayakan kegiatan menulis dan membaca.

Baca Juga: Istilah-istilah Umum Fikih Muamalah yang Wajib Kamu Ketahui!

Secara historis-sosiologis tradisi tersebut sudah terbukti, kemajuan peradaban suatu bangsa dapat dilihat dari budaya membaca dan menulis.

Kejayaan peradaban umat Islam pada masa dahulu, salah satu faktor pemicunya adalah tingginya minat membaca dan menulis masyarakat pada waktu itu.

Selamat Belajar 🙂

Penulis

8 thoughts on “12 Akun Instagram Untuk Belajar Ekonomi Syariah”

  1. Wah, keren nih informasinya! Perlu bikin konten versi Instagram-nya nih biar bisa langsung tap dan follow akun-akunnya. Terima kasih banyak udah sharing! Mau ah intip semua akunnya buat belajar juga. 😀

    Reply
  2. Rendahnya literasi mengakibatkan inklusi keuangan syariah hanya di angka 9,1%. Duh!
    Info akun sosmed tempat belajar ekonomi syariah ini manfaat sekali. Saya akan ikuti dan belajar dari sana…Makasih sharing-nya:)

    Reply
  3. Thanks kak atas informasinya. Kebetulan saya masih kurang literasi nih tentang ekonomi syariah. Sekarang saya belajar lebih mudah…

    Reply

Leave a Comment