Pengalaman 1,5 Tahun Belajar di Pesantren Mahasiswa Al Hikam Malang

Pesantren Mahasiswa Al Hikam Malang- Untuk kamu yang telah berhasil lulus diterima di PTN khususnya di daerah malang raya penulis ucapkan selamat! Selamat karena hal tersebut merupakan langkah awal perjalanan panjang di dunia perkuliahan.

Salah satu hal yang perlu kamu persiapkan sebagai mahasiswa baru adalah tempat tinggal, nah ada banyak alternatif tempat tinggal yang bisa dipilih, mulai dari ngekost, ngontrak rumah, beli rumah, hingga mondok di pesantren mahasiswa.

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas salah satunya yaitu mondok. Pondok pesantren mahasiswa unggulan yang ada di kota malang, yaitu Pesantren Mahasiswa Al Hikam Malang.

Disclaimer: Dalam Review kali ini penulis akan menggunakan beberapa penulisan kata yang berbeda seperti ponpes al hikam malang, pesantren al hikam malang, pesantren mahasiswa al hikam malang, pondok al hikam malang, pondok pesantren al hikam malang yang mana itu semua bertujuan untuk meningkatkan traffic pengunjung dengan teknik seo. Untuk pengucapan yang benar adalah Pesantren Mahasiswa Al Hikam Malang.

Profil Umum Pesantren Mahasiswa Al Hikam Malang

Pesantren Mahasiswa Al Hikam Malang adalah Pesantren yang didirikan oleh almarhum KH Hasyim Muzadi, tokoh nasional Indonesia yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum PBNU priode 2000-2010.

Pesantren Mahasiswa Al Hikam ini berlokasi di Kota Malang tepatnya di Jl. Cengger Ayam No.25, Tulusrejo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

Pesantren mahasiswa Al Hikam Malang mempunyai misi menjadi lembaga pendidikan Islam yang mampu memadukan aspek positif perguruan tinggi yang menekankan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dengan aspek positif pesantren yang akan menjadi tempat penempaan kepribadian dan moral yang benar berdasarkan nilai-nilai islam.

KH Hasyim Muzadi Al Hikam

Dengan model pendidikan ini, Pesantren Mahasiswa Al-Hikam menginginkan terwujudnya integrasi antara ilmu pengetahuan dan agama secara utuh.

Sehingga, keyakinan agama memiliki pijakan ilmiah-rasional dan ilmu pengetahuan senantiasa dinaungi oleh nilai-nilai agama.

Dengan ikhtiyar ini, diharapkan akan terwujud komunikasi antara ilmu agama dan ilmu pengetahuan dalam ‘learning society’ yang tercipta di tengah-tengah Pondok Pesantren Mahasiswa Al Hikam.

Lokasi Al Hikam Malang sangat strategis berada tidak jauh dari beberapa kampus ternama seperti Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Islam Negeri, dan beberapa kampus lainya.

Lokasi Al Hikam Malang dalam Maps

Apa Saja Kegiatan di Pesantren Al Hikam Malang?

Dirosah

Dirosah adalah istilah dari aktivitas belajar malam di sini, belajar malam yang dimaksud adalah belajar formal ya guys, jadi ada mata dirosah, masuk ke kelas, ada UTS, UAS, hingga kenaikan kelas.

Adapun mata dirosah di alhikam cukup banyak, dan dibagi menjadi 4 tingkatan kelas, berikut jadwal dirosah untuk tahun dirosah 2022:

Jadwal Dirosah Al Hikam Malang

Ngaji Kepengasuhan

pondok pesantren mahasiswa universal

Ngaji Kepengasuhan adalah ngaji bersama yang dilakukan setiap bakda subuh di Masjid Al-Ghozali Al-Hikam Malang, setiap hari kami mendapat jadwal ngaji yang berbeda.

Secara umum Kitab yang dipelajari adalah Kitab Al-Hikam, Kitab Ihya Ulumuddin, Tafsir Jalalain, Kitab Tahdzib, Kitab Risalah Aswaja, dan Kitab Mukhtarul Hadist.

Ngaji kepengasuhan ini selesai biasanya pukul 06.00. Untuk melihat video kegiatan ngaji kepengasuhan bisa dicek di link berikut: Ngaji Kepengasuhan

Program Tahfidz

Di sini juga terdapat program tahfidz, bahkan ada unit sendiri yang menjadi wadah bagi para penghafal quran di Al Hikam Malang, namanya JQH.

Ustadz pembimbing dari program tahfidz di sini merupakan hafidz 30 Juz yang dikenal sangat alim dan dihormati di sini, beliau adalah Ustadz Abdul Hadi, LC.

Meskipun program tahfidz di sini tidak bersifat wajib bagi santri, namun tidak sedikit pula santri yang aktif dalam program ini untuk menjadi hafidz quran.

OSPAM

Organisasi Santri Pesantren Mahasiswa Al Hikam Malang atau yang disingkat OSPAM merupakan wadah organisasi yang memfasilitasi aspirasi dan kreativitas santri serta sebagai sarana pengembangan wawasan dan peningkatan kecendekiawanan santri.

Di dalam OSPAM terdapat beberapa divisi seperti, RT (Rumah Tangga), PSDM, Keilmuan, Keamanan, Hubungan Sosial, Depkominfo, dan Ubuddiyah.

Kegiatan OSPAM selengkapnya dapat kamu lihat di sini: link Instagram ospam

Selain itu Pesantren mahasiswa Al Hikam Malang juga memiliki program unggulan yakni Asosiasi Rumpun Keilmuan, dimana program ini akan membuka dialog antar rumpun ilmu terkait issu dan perkembangan dunia dari prespektif keilmuan yang berbeda, serta berusaha meningkatk-an kompetensi ke-ilmuan dan prestasi santri dengan kegiatan-kegitan yang bermanfaat didalamnya. (diskusi ilmiah, incubator prestasi, pameran keilmuan,)

Disamping itu terdapat kegiatan-kegiatan yang mendorong minat dan bakat santri dalam membentuk SDM yang unggul melalui Unit” kegiatan santri yaitu: futsal, volly, badminton, banjari, tahfidz, music, dan santripreneur.

Kegiatan Pengabdian

Di Al Hikam Malang ada banyak kegiatan pengabdian mulai dari kepanitiaan seperti panitia qurban idul adha, panitia takjil idul fitri, panitia zakat fitrah, panitia acara internal ospam, hingga panitia agenda internal Al Hikam sendiri.

Temen-temen juga bisa mengabdi dengan bergabung di takmir masjid atau yang di sini disebut BDKM Al-Gazhali atau mengabdi di tim kesehatan pesantren yaitu POSKESTREN, terdapat juga team media alhikam yakni Al Hikam Media Centre, dan buat kamu yang hobi dengan dunia literasi ada Sahabat Pustaka di sini.

Di akhir tahun pembelajaran (tahun ke 4) juga akan ada pengabdian yang harus dijalankan.

Bentuk Pengabdian nantinya seperti kegiatan pengabdian masyarakat (DIMAS) kegiatan sosial-keagamaan. Contohnya  mengajar TPQ, jadi imam sholat di musholla, mendampingi belajar/materi sekolah anak anak setempat di daerah pengabdian, ngimami tahlil, khutbah jumat, dll.

Baca Juga : 7+ Soft Skill Wajib Dikuasai Remaja Saat ini

Prestasi Al-Hikam Malang

Prestasi Al Hikam Malang

Motto Pesantren Mahasiswa Al Hikam adalah Amaliyah Agama, Prestasi Ilmiah, dan Kesiapan Hidup nah di point prestasi ilmiah tentunya menjadi fokus penting bagi mahasantri di sini, santri Al Hikam Malang memiliki segudang prestasi baik itu ilmiah maupun non ilmiah yang sangat membanggakan, mulai dari tingkat regional hingga international.

Baca Juga: Kiat Sukses Berprestasi Selama Perkuliahan

Pertanyaan yang sering ditanyakan tentang Al Hikam Malang

Syarat Santri & Santriwati

Pesantren Al Hikam Malang menerima mahasiswa S1 yang terdaftar di perguruan tinggi maksimal semester III, ada 2 penempatan santri di pesantren mahasiswa ini, yaitu ‘pesma’ untuk santri yang mukim di pondok tapi kuliahnya di luar dan santri ‘ma’had aly’ untuk santri yang mukim dan kuliah di STAIMA Al Hikam. Sedangkan untuk santriwati, alhikam hanya menerima mahasiswi atau santriwati yang berasal dari ma’had aly saja atau STAIMA Al Hikam Malang.

Apakah di Ponpes Al Hikam ada jam malam?

Jam Malam, ini menjadi pertanyaan yang paling sering dilontarkan dari teman-teman di kampus, Apakah ada aturan jam malam di Al-Hikam?. Jawabanya ada, iya benar ada aturan jam malam di sini, kamu tidak perlu khawatir dan bergegas mengurungkan niat untuk mendaftar di sini karena untuk mendapat izin keluar malam di Al Hikam tidaklah susah, kalian hanya perlu mendapat tanda tangan surat izin dari kepala dirosah.

Jika kalian ada keperluan di luar pesantren seperti kerja kelompok, praktikum, pelatihan, dll, dan berkemungkinan besar tidak bisa bermalam di pesantren, maka kalian butuh surat izin.

Jika kamu hanya ingin nongkrong hingga larut malam di café dan tidak sampai “pagi” atau tidak bermalam di luar, kalian bisa izin pulang larut malam kepada petugas OSPAM bidang keamanan untuk dibukakan pintu.

Perlu digaris bawahi jika kalian ingin masuk pesantren di atas jam 22.00, dan kalian keluar mengendari motor, motor tersebut tidak boleh dibawa masuk, dalam hal ini biasanya santri di sini parkir di Gedung Pasca Sarjana Al Hikam yang jaraknya tidak sampai 50 Meter dari gerbang pesantren.

Bagaimana dengan waktu makan?

Untuk makan dari pesantren menyediakan 2x makan, yaitu pagi dan sore hari. Pada siang hari biasanya kami beli makan sendiri diluar atau beli dengan menggunakan apps pemesanan makanan seperti shopeefood atau grabfood.

Biaya Al Hikam Malang

Biaya Pondok Pesantren Al Hikam Malang – untuk awal masuk jika kalian diterima menjadi santri Al Hikam setiap tahunnya berubah, untuk tahun awal masuk 2020, kami membayar uang awal masuk sebesar Rp.7.900.000.

Itu menurutku nominal yang sangat worth it mengingat hanya perlu di bayar sekali, dan sudah mencakup semua kebutuhan di pesantren mulai dari kasur, ranjang, seragam, kitab-kitab, hingga uang rihlah atau jalan-jalan di awal masuk dan setelah wisuda.

Untuk biaya per-bulanya ada uang syahriah pesantren yang wajib dibayarkan sebesar Rp.600.000 , uang tersebut sudah termasuk makan 2 kali, dirosah, asrama, listrik, air, wifi, dan fasilitas lainya.

Dan di pesantren al hikam malang ini tidak ada uang daftar ulang, alias kalian hanya perlu membayar Rp.600.000 perbulanya.

Fasilitas Pendukung Aktivitas Santri

pesantren mahasiswa malang

Pesantren mahasiswa Al Hikam Malang memberikan fasilitas lengkap yang mendukung kegiatan para santri baik dalam kegiatan sehari-hari maupun kegiatan belajar di pesantren dan perkuliahan.

Seperti asrama santri, masjid, auditorium, perpustakaan, ruang kelas, alhikam media centre, poskestren, smesco mart, dan apotek.

Al Hikam Malang

Aktivitasku di Pesantren Al Hikam Malang?

Tepat artikel ini ditulis tanggal (29/04) saya (adjie sumantri) lebih kurang sudah 1,5 tahun belajar dan mengabdi di Al Hikam malang, waktu yang masih terbilang sedikit mengingat untuk lulus di sini lebih kurang harus melewati 4 tahun belajar, meski begitu tentu sudah banyak pengalaman yang bisa diceritakan, tapi di sini adjie akan cerita yang penting-penting saja seputar aktivitas sebagai santri di pondok pesantren alhikam malang.

Pertama adalah soal lokasi, untuk lokasi al hikam ini memang sangat strategis, untuk adjie yang berkuliah di UB hanya butuh lebih kurang 10 menit (pakai motor) untuk sampai kampus jika jalan ngga macet tentunya.

Kedua soal kegiatan mengaji di sini, di sini kami mulai dibangunkan sebelum subuh kira-kira jam 04.15 untuk persiapan sholat subuh, selepas sholat akan ada kegiatan ngaji kepengasuhan di masjid kira-kira sampai pukul 06.00.

Kegiatan malamnya yakni setelah maghrib akan ada ngaji dirosah di kelas-kelas. Apakah tidak ada hukuman bagi yang tidak masuk kelas? Tentu saja ada, tapi jika tidak hadirnya karena tidak ada alasan yang jelas (alpa), jika kalian sudah izin ya akan aman-aman saja.

Ketiga adalah aktivitasku di pesantren sekarang, Selain kegiatan kuliah dan kegiatan mengaji di pesantren, aku juga bergabung di Takmir BDKM Al-Ghazali menjadi bendahara masjid, dan aktif di Al-Hikam Media Center.

pesantren al hikam malang

Seperti yang aji jelaskan sebelumnya, di sini akan ada banyak unit organisasi yang bisa kalian ikuti, insyallah semua sudah mengcover minat-minat keilmuan secara umum, kalian tinggal pilih saja mau bergabung ke organisasi apa nantinya.

Kemudian kita akan bahas soal lingkungan belajar di Al Hikam, untuk hal ini sangat subjektif sekali jika hanya dari sudut pandang penulis, namun bisa penulis katakan begini, lingkungan belajar tergantung circle aktivitas pertemanan di pesantren nantinya, secara umum lingkungan belajar di sini “bagus” kalian bisa dapat apa saja di sini.

Namun jika boleh jujur secara subjective iklim motivasi dalam berprestasi di sini kurang kompetitif, sangat jarang santri di sini berani untuk lomba atau berkompetisi di perlombaan ilmiah atau non ilmiah, yaa ini subjectif saya saja.

Yang perlu saya akui Al Hikam Malang ini tidak kekurangan orang hebat, banyak orang-orang keren berprestasi di sini, jadi nantinya bisa belajar banyak dari orang-orang hebat ini.

Al Hikam ini tempat paling komplit dan terjangkau sekali, coba saja bayangkan kamu bisa dapat tempat tinggal, wifi gratis, makan 2x, perpustakaan, kegiatan ngaji, sekaligus fasilitas-fasilitas lainya hanya dengan Rp600.000 per bulan.

Jujur saja, sangat sulit mencari kost under 500.000 per bulan dengan fasilitas selengkap itu di malang, apalagi yang ada makan 2x nya.

Pembangunan Terus Berlangsung

Sejak tahun 1992 hingga kini, Pesantren mahasiswa Al Hikam Malang terus melakukan terobosan dan inovasi dalam kegiatan pendidikan dan kepengasuhan guna mencetak generasi umat yang bertaqwa dan berpengetahuan luas, tidak mengenal dikotomi keilmuan, serta selalu menjaga kesehatan jasmani dan rohani sehingga menjadi investasi berharga bagi agama dan negara di masa depan.

Pembangunan dalam bentuk fasilitas pun terus digenjot demi menunjang sarana dan prasarana santri dalam menuntut ilmu baik ilmu dunia maupun akhirat.

Penutup

Alhamdulillah artikel ini selesai dan dapat dimuat, semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian, mari kita kirimkan al-fatihah untuk pendiri pondok pesantren al hikam malang KH Ahmad Hasyim Muzadi, al fatihah…

Pesantren mahasiswa Al Hikam Malang merupakan Pelopor Pesantren Mahasiswa di Indonesia. Mari bergabung dengan Pesantren Mahasiswa Al Hikam Malang!

Jangan lupa bertegur sapa & salam jika bertemu penulis (Adjie Sumantri) di Al Hikam nanti 🙂

Baca Juga: Internet of Things Menyusahkan Umat Islam?

Link-link penting

Informasi Pendaftaran Al-Hikam Malang : Pendaftaran Santri Baru Al Hikam 2022
Channel Youtube Al Hikam : Link Youtube Al Hikam Tv
Website Al Hikam Malang : Offical Website
Official Account Instagram Alhikam Malang: Instagram Al Hikam Malang

Penulis

4 thoughts on “Pengalaman 1,5 Tahun Belajar di Pesantren Mahasiswa Al Hikam Malang”

Leave a Comment