Beasiswa Rusia S1- Pengalaman, Panduan Mendaftar, dan Tips Wawancara Lengkap

Beasiswa Rusia S1- Untuk kamu yang berencana bersekolah di luar negeri dan ga mau berkutik dengan masalah Toefl, IELTS dll, maka bersekolah di Rusia merupakan solusi untuk kalian. Setiap tahunya Pemerintah Federasi Rusia menyediakan kuota beasiswa untuk mahasiswa Indonesia, Bagaimana cara mendaftarnya?, Apa saja tahapan tes beasiswa rusia?, dan Apa saja Tips-nya?. Mari kita simak dibawah!

Disclaimer: Artikel ini ane tulis berdasarkan pengalaman pribadi, ane daftar beasiswa rusia S1 dan dinyatakan lulus tahap wawancara, tetapi ga ane teruskan karena pada saat itu terjadi pandemi Covid 19, tahap wawancara sendiri merupakan bagian dari tahap akhir seleksi sebelum keberangkatan, adapun tahap setelah wawancara adalah melengkapi berkas akhir dan penenpatan kampus di Rusia. Di artikel ini Ane hanya bahas untuk jenjang S1 saja.

Informasi Umum

  • Basiswa Rusia ini dibuka tidak hanya untuk jenjang S1 saja, tapi untuk S2, S3, dan Spesialis, dimana program ini didahului oleh Persiapan Bahasa Rusia selama 1 tahun.
  • Beasiswa Rusia ini diberikan oleh Pemerintah Federasi Rusia berupa Biaya Pendidikan saja.
  • Biaya lain seperti dokumen, visa, asrama, dan biaya hidup ditanggung sendiri oleh orang tua/sponsor.

Jangan Khawatir dengan Kualitas Pendidikan Rusia, Rusia merupakan salah satu negara dengan tingkat pendidikan terbaik di dunia, manfaatkan betul beasiswa ini, intinya beasiswa ini sangat recomended buat kamu, untuk biaya hidup di rusia sendiri lumayan terjangkau, saran ane jika ga mau ambil pusing dengan biaya, mendaftarlah di daerah dengan biaya hidup standar, biasanya selain Moskow dan St.Pitersburg.

Pendaftran Administrasi Beasiswa S1 Rusia

  • Untuk pendaftaran Administrasi, ane harus bertanya kepada kakak kelas yang sudah ada di rusia, hampir setiap minggu ane tanya supaya ga ketinggalan berita, tidak jarang ane harus update berita di goolgle untuk bisa memulai start mendaftar lebih awal.
  • Pendaftaran Administrasi akhirnya dibuka tanggal 13 januari- 1 maret 2020. Pada saat itu pendaftaranya menggunakan website baru future in rusia. 
  • Buat akun dan lengkapi semua profil kamu di website, seperti Informasi Personal, pemilihan 6 Universitas, dengan pilihan pertama sebagai prioritas dan seterusnya.
  • Untuk Pemilihan Universitas kamu bisa minta rekomendasi dari kakak kelasmu, atau bisa langsung serching di google serta jangan ragu buat tanya di grup telegram beasiswa rusia (telah ane lampirkan linknya di akhir artikel)

Dokumen Beasiswa Rusia S1 yang diperlukan

  1. Paspor.
  2. Nilai rata-rata semester 1-5 untuk yang S1(dilegalisir).
  3. Transkip nilai (dilegalisir)
  4. Akte kelahiran.
  5. Sertifikat kesehatan yang standart dan HIV/AIDS.
  6. Surat pernyataan pendanaan.
  7. Surat Pernyataan Pendanaan.
  8. Surat Jaminan.
  9. Motivation latter dan Abstrak.

Dokumen diatas untuk Jenjang S1, Untuk lebih lengkapnya bisa kamu lihat di Buku Panduan Beasiswa Rusia, untuk format rapor, contoh motivation latter, dan abstrak telah ane lampirkan di bagain akhir artikel.

Pengalaman: Jujur waktu itu ane telat untuk start mendaftar, ane baru mulai  mengurus  berkas pendaftaran di H-12 penutupan. Waktu itu sibuk keluar masuk sekolah, karena  ane sekolah berasrama jadi  agak susah buat izin keluarnya. Sempat beberapa kali harus absen dikelas bahkan sempat bolak balik ke ruang Waka Asrama buat dapat izin . Memang butuh perjuangan lebih untuk sesuatu yang besar, harus berani berkorban, itulah resikonya. Saran ane jika kamu bener-bener serius untuk ambil Aroad, maka jangan ragu buat ngurus semuanya dari berkas ini, itu, harus sabar, dan inget jangan mepet-mepet ngerjainya. Untuk itu supaya kamu ga bingung dan pusing-pusing, ane sudah lampirkan contoh dan format untuk berkas-berkas nya lengkap, jadi kamu bisa cicil dari sekarang, terutama buat motivation latter sama abstrak.

Tahap Wawancara Beasiswa Rusia S1

Setelah kamu dinyatakan lolos seleksi administrasi beasiswa rusia, kamu akan dijadwalkan untuk mengikuti seleksi wawancara. Adapun yang wajib kamu bawa adalah:

  1. Aplikasi Form dari website
  2. Fotocopi Paspor
  3. Transkip nilai yang dilegalisir (untuk yang belum ada ijazah)
  4. Sertifikat Kesehatan (medical sertifikat)
  5. Fotokopi KTP
  6. Fotokopi KK
  7. Fotocopy SKCK
  8. Materai 6000 (5)
  9. Foto 4×6 bewarna (2)
  10. Alat tulis

Semua berkas diatas rangkap 3 dibawa dan dimasukan dalam map kuning untuk yang S1. Informasi lebih lengkapnya kamu bisa cek panduan dibawah.

Pengalaman: Alhamdulillah, waktu itu ane dan 3 temen lainya dari ICJ dinyatakan lulus seleksi berkas dan lanjut untuk seleksi wawancara. Ane ga tau kalau pengumuman berkas dan jarak keberangkatan seleksi wawancara itu mepet banget ga sampai seminggu, jadi harus siapin semua berkas diatas kurang dari seminggu. Kepala pusing, di ICJ semua sibuk nyiapin UN ane malah berkutat dengan pemberkasan yang  banyak. Kesana sini cari Printer, Beli materai, Fotokopi ini, itu, pesan tiket pesawat dan akhirnya selesai juga Alhamdulillah, dengan mengurung diri di Ruang BK dari jam 14.00 sampai Jam 17.00, luar biasa!. Semua berkas sudah lengkap hanya satu yang terlupa, baru ingat di bandara, Apa itu? SKCK, wkwkwk, sudah pasrah, bentar lagi pesawat berangkat, ane harus ke Jakarta tanpa membawa SKCK.

Sampai di Jakarta ane menginap di rumah temen ane Iftikhar Ramadhan, luar biasa ini baik sekali orangnya, apalagi kedua orang tua Iftikhar Ramadhan , sangat ramah, semua keperluan ane dibantu, ane sampai ga tau mau berterima kasih nya bagaimana, semoga kebaikan Aar dan sekeluarga dibalas dengan Rezeki yang berlimpah dari Allas swt dan diberikan kebahagiaan dunia-akhirat. Amiin.

Lanjut Cerita di waktu wawancara. Pas wawancara ane datang paling awal jam 08.30, menunggu agak lama sambil ngobrol sok kenal dengan peserta lainya. Akhirnya sampailah ke ruang tunggu untuk persiapan berkas, semua berkas sudah siap tinggal satu tadi SKCK, wah alhamdulillah SKCKnya masih boleh nyusul. Jadi aman deh hehehe.

Untuk Informasi buat kamu, waktu ane disana masih banyak sekali hal-hal sepele yang ga dipahami oleh peserta lainya, bahkan berkasnya sampai banyak yang kurang mulai dari Foto, SKCK, Fotokopi kurang, ga bawa MAP, dll. Untuk itu telitilah sebelum berangkat, kamu bisa dinilai juga dari kesiapan berkasmu. Uniknya pengisian beberapa berkas kamu wajib pakai tinta biru, ga tau kenapa pokoknya pakai tinta biru, diinget ya.

Adjie Sumantri!, nama ane dipanggil oleh ibu pengurus berkas, dan ditanya: “dek ini nanti kalau ditanya masalah uang, kamu bilang orang tua kamu bakal siapin lebih ya, karena nanti disana pasti ditanya sama pewawancaranya kok cuma segini dananya?, jawab aja kalau kamu lolos, kamu bakal diberi tambahan biaya” tanpa ragu ane bilang siap bu! terimakasih.

 

Gambaran Wawancaranya begini:

Ada 3 pewawancara 1 perempuan 2 laki-laki, mereka mewawancarai pakai bahasa inggris, mereka sangat ramah, ane kagum dan tentunya jadi lebih rileks, ditambah lagi mereka itu ngajak ngobrol pakai bahasa Indonesia, ini beneran loh, mereka bisa bahasa indonesia terutama yang perempuan, tapi ga terlalu fasih. Ketika wawancara dan kamu bingung, mereka berusaha untuk membuat kamu mengerti dengan bertanya menggunakan bahasa Indonesia. Saran ane santai saja karena pertanyaanya ga berat-berat kok, cuma seputar dokumen-dokumen yang kamu bawa dan alasan kamu sekolah di rusia, ga setiap orang pertanyaanya sama, jangan ambil pusing, kalau kamu memang buat motivation latter sendiri dan kamu paham Insyaallah aman. Ane bener-bener menikmati wawancara yang seperti itu, pokoknya rileks aja. Ga sampai 15 menit ane sudah selesai dan boleh keluar. Alhamdulillah.

Pengambilan Dokumen dan Keberangkatan

Setelah kamu dinyatakan lolos tahap wawancara yang diumumkan via email masing-masing, kemudian kamu diwajibkan untuk membayar biaya penerjemahan dan pengesahan dokumen.

Beasiswa Rusia 2021
Sumber: Buku Panduan Beasiswa Rusia 2020

Pengumuman Universitas akan diinformasikan oleh kementrian Rusia melalui PKR di Jakarta. Kamu dapat mengambil dokumen dan LoA sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yaitu:

Beasiswa Rusia S1
Sumber: Buku Pedoman Beasiswa Rusia 2020

Setelah menerima dokumen, kamu dipersilahkan untuk berangkat ke Rusia dalam selang waktu 5 hari.

Bonus ini Gambaran jika kamu kuliah di Moskow

Beasiswa Rusia S1

Beasiswa Rusia S1

Beasiswa Rusia S1

Beasiswa Rusia S1

Beasiswa Rusia S1

 

 

Beasiswa Rusia S1

Beasiswa Rusia S1

Beasiswa Rusia S1

Beasiswa Rusia S1

Credit By: Ulfa Adliya Mahasiswa Indonesia di Moskow Rusia

Penutup

Sekian Info Beasiswa Rusia s1 yang dapat ane bagikan, intinya kalau kamu yakin dan ngerjain semua tahapan dengan ikhlas dan sabar ane yakin kamu pasti bisa. Tetap semangat dan jangan lupa berdoa agar diberi kemudahan oleh allah swt. Jika kamu suka artikel ini jangan lupa bagikan ke media sosialmu dan tinggalkan komentar positifmu dibawah ya.

Kalau masih ada yang mau ditanyakan kamu bisa chek info lengkapnya dibawah ya. Biasakan membaca sebelum bertanya. Trimakasih sudah membaca sampai bawah. Wassalamualaikum wr.wb.

Info Lengkap:

Update 24/Juni/2021 : Buku Pedoman dibawah untuk tahun 2019/2020. Untuk website pendaftaran setiap tahunya berubah. Silahkan cek  update terbaru beasiswa rusia melalui grup telegram resmi dibawah. 

Penulis

3 thoughts on “Beasiswa Rusia S1- Pengalaman, Panduan Mendaftar, dan Tips Wawancara Lengkap”

  1. Kak izin bertanya, untuk nilai rata2 dan akte kelahiran apakah harus diterjemahkan dulu ke bahasa inggris untuk pendaftaran? Dan, mengisi formulir surat pendanaan dan surat jaminan apakah diisi yg bahasa rusia? Terimakasih kak^^

    Reply
    • Untuk contoh format nilai rata2 bisa amanda cek di drive yang sudah aku lampirkan diatas, kalau akte tidak perlu di terjemahkan, kalau formulir surat pendanaan dan surat jaminan itu sudah ada formatnya nanti dari panitianya

      Reply

Leave a Comment