7+ Cara Belajar Public Speaking yang Efektif (Tanpa Kursus)

Cara Belajar Public Speaking yang Efektif- Sering Grogi berbicara didepan umum, tidak pede, dan sangat kaku dalam berbicara didepan orang banyak, itulah segelintir kendala yang ditemui banyak orang ketika berbicara tentang public speaking. Apakah semua itu normal?, ketika anda begitu gerogi didepan umum sampai dengkul anda mau lepas? Bagaimana orang-orang sukses bisa berbica dengan baik dan terstruktur? Apakah Public Speaking itu bakat? Apakah Public Speaking bisa dilatih?, Bagaimana caranya?.Nah Ini dia Solusinya.

Bagi Seorang Pembicara Ulung, mereka sudah melewati banyak hal yang membuat mereka menjadi seperti sekarang. Tidak sedikit dari mereka yang menghabiskan banyak biaya untuk ikut seminar motivasi, dan kelas kursus untuk bekajar public speaking, dan kelas-kelas lainya. Itu semua dilakukan demi bisa berbicara didepan umum dengan baik. Apa yang mereka pelajari? So, kali ini diarybelajar.com akan memberikan kunci sukses untuk pembaca secara gratis agar mengetahui dan menerapkan materi public speaking yang banyak dilakukan oleh kelas-kelas public speaking diluar sana, inilah 7+ cara Belajar Public Speaking yang Efektif (Tanpa Kursus).

1. Mulai Berbicara

Belajar Public Speaking yang Efektif
            Mulai Bicara
  • Public Speaking itu diibaratkan seperti olahraga, semakin intens dilakukan akan membuat teman-teman semakin hebat. Semakin jago, akan semakin rileks dan seru melakukanya, so jangan ragu dan malu untuk berani berbicara.
  • Langsung Maju, Setiap teman-teman ada kesempatan buat berbica di depan umum, jangan banyak pikir, apalagi takut dan menghindar, nggak ada gunanya!, semakin teman-teman menunda untuk berbicara temen-teman akan semakin gugup, Kalau memang saatnya berbicara, mau sembunyi sampai WC pun akan tetap dicari, jadi Langsung Maju AJA.
  • Gimana Kalau Salah?, itu urusan nanti, salahlah sedini mungkin, so kamu dapat banyak waktu buat memperbaiki kesalahan tersebut, menghindarinya sama saja dengan tidak pernah memulai untuk mencoba.

Setiap Orang berani Pasti pernah salah, but Tidak setiap orang salah karena berani, so be Brave and Speak up!

2. Kenali dan Pahami Lawan bicara

Tipe-Tipe Pendengar
   Tipe-Tipe Pendengar

Belajar Public Speaking yang Efektif-Saat mendapat kesempatan atau tugas berbicara didepan orang banyak, maka kenalilah tipe-tipe pendengar, nah temen-temen harus mengenal pendengar bukan satu-persatu, tetapi secara umumnya, supaya temen-temen nyaman dalam berbicara.

Berdasarkan buku “Speak For Money” ada beberapa tipe pendengar dan cara menghadapinya:

  • Tukang Belajar: Sibuk mencatat, mendengarkan, memfoto materi kita di slide, dan catat lagi. Mereka seperti teman kamu yang rajin belajar, pendengar yang seperti ini cenderung tidak antusias dalam menjawab atau bermain. Cara menghadapinya: Memancing mereka aktif, dan belajar menjadi asyik.
  • Patung: Datang karena terpaksa atau dipaksa, dia hanya duduk, persis seperti patung, tidak mencatat, dan tidak antusias dalam menjawab. Cara menghadapinya: Aktif berpartisipasi mengajak mereka bermain dan memberi hadiah.
  • Negatif: Cenderung terpaksa datang, mengeluarkan aura negatif, sering mengeluarkan komentar jahil, dan sering bercanda atau ngetes. Cara menghadapinya: Sabar jawab komentar, perhatikan secukupnya, atau biarkan saja supaya malu. Stay Positive.

Selain tipe2 diatas masih banyak lagi karakter pendengar yang bisa temen-temen kelompokan seperti berdasarkan jenis kelamin, kemampuan ekonomi, tingkat pendidikan, dan usia. saya tidak bahas satu persatu, temen-temen bisa searching lagi mengenai ini nanti, tapi intinya temen-temen harus mengenali lawan bicara, supaya mudah buat mereka terpana.

3. Lima Menit Pertama

Lima menit pertama
Lima Menit Pertama

Dalam Public speaking, pendengar lebih mudah tertarik dan menentukan untuk memperhatikan anda dalam lima menit pertama yangmengesankan. Bagaimana Caranya?

  • Untuk Komunikasi Personal: Tertarik dangan lawan bicara, Berikan empati dan simpati, Banyak mendengarkan.
  • Untuk Public Speaking: Gunakan Gambar, Gunakan Quotes, Gunakan Data, Gunakan Pertanyaan Unik.
  • Lima menit Ekstra : Jangan langsung pulang ketika acara selesai, sempatkanlah berbicara dengan panitia, atau pendengar secara langsung agar mendapat kemistri kedekatan saat berbicara semakin nyata.

Next Page–>

Penulis

Leave a Comment